3 Solusi Mengatasi Nomor Virtual Account Yang Tidak Ditemukan atau Tidak Terdaftar

3 Solusi Mengatasi Nomor Virtual Account Yang Tidak Ditemukan atau Tidak Terdaftar

KEPOINDONESIA.id - Pembayaran menggunakan virtual account menjadi favorit saya karena lebih simpel dan praktis. Selain simpel dan praktis pembayaran atau transaksi dengan metode yang satu ini juga lebih aman karena tanpa menginput nominal akan tampil sendiri.

Walaupun tidak semua virtual account akan tampil nominalnya tetapi rata-rata akan tampil. Kita sebagai pengguna hanya perlu memastikan dan melanjutkan proses transaksi. Daripada transfer bank yang sedikit rumit dan bisa banyak menimbulkan kesalahan karena salah input nomor rekening atau nominal lebih baik menggunakan VA.

Virtual account atau VA mungkin bisa jadi alternatif bagi kalian. Nah yang menjadi pertanyaan kenapa terkadang nomor virtual account tidak ditemukan atau tidak valid saat ingin dibayar atau ingin melakukan pembayaran?.

Saya yakin kalian pernah mengalami 1 atau 2 kali selama ini. Saya sendiri pernah mengalaminya beberapa kali dan saat awal-awal saya memang tidak paham. Tetapi setelah beberapa kali saya tau alasan kenapa terkadang nomor VA tidak ditemukan.

Untuk tau apa penyebabnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena akan saya bahas kenapa nomor virtual account tidak ditemukan saat ingin melakukan pembayaran. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi nomor BRIVA tidak ditemukan serta solusi mengatasi tagihan diblokir di aplikasi Livin Mandiri.

Penyebab Nomor Virtual Account Tidak Muncul atau Tidak Ditemukan


Jangan Lakukan Transaksi Saat Internet Banking Offline


Virtual account berbeda dengan bank transfer yang bisa kalian lakukan kapan saja. Karena memerlukan layanan internet banking maka saat layanan internet banking offline transaksi menggunakan VA tidak akan bisa dilakukan.

Karena nomor Virtual Account tidak bisa di cek ketika internet banking sedang offline. Solusinya kalian tunggu sampai online dan apabila tidak tau harus menunggu sampai kalian kalian bisa baca artikel mengenai jadwal offline dan online internet banking beberapa bank di Indonesia.

Nomor Virtual Account Salah


Rata-rata nomor virtual account jumlah digitnya sangat banyak. Untuk memudahkan saran saya lakukan copy-paste saja jika melakukan pembayaran di HP yang sama. Apabila beda HP tidak ada cara lain selain menginputnya satu persatu.

Kemungkinan jika nomor VA salah tagihan tidak akan ditemukan dan tidak akan nyasar ke tagihan milik orang lain. Jadi jika salah silakan kalian input ulang nomor VA nya dan pastikan benar tidak kurang dan tidak lebih jumlah digit nomornya.

Tidak Sesuai


Virtual account biasanya hanya bisa dibayar lewat bank yang sama. Jadi jika kalian memilih VA BCA kalian hanya bisa melakukan pembayaran lewat ATM BCA atau lewat aplikasi BCA mobile dan tidak bisa lewat aplikasi BRImo pada menu BRIVA.

Tetapi kalian tetap bisa membayar VA atau virtual account lewat bank lainnya dengan memiliki VA Bank Bersama. Dari pengalaman saya untuk virtual account Bank Bersama biasanya menggunakan Bank Permata dan bisa menerima pembayaran VA dari bank manapun.

Dari banyak kasus tidak bisa melakukan pembayaran menggunakan virtual account, sebenarnya ini terjadi karena ketidaktahuan. Tidak tau bahwa virtual account memerlukan akses internet banking jadi melakukan pembayaran saat dini hari, maka ini tidak akan bisa dilakukan.

Virtual account biasanya akan aktif selama 24 jam jadi tidak perlu terburu-buru. Walaupun terkadang ada VA yang aktif hanya beberapa menit sampai beberapa jam. Seperti nomor virtual account saat pembayaran flash sale di marketplace.

Selain mengenai virtual account saya kira kalian perlu tau cara bayar tagihan SPayLater di Shopee. Cara bayar tagihannya mudah dan bisa kalian bayarkan sebelum jatuh tempo apabila kalian sudah memiliki uang dan mencegah kelupaan.


EmoticonEmoticon