5 Cara Mengatasi Fast Charging Tidak Aktif atau Tidak Berfungsi

5 Cara Mengatasi Fast Charging Tidak Aktif atau Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Fitur Fast Charging adalah salah satu fitur yang banyak dicari oleh orang yang ingin membeli smartphone khususnya smartphone Android. Seperti yang kamu ketahui merk yang mengadopsi Android cukup banyak dengan berbagai tipe.

Fast Charging cukup diperhitungkan saat seseorang membeli perangkat Android selain memperhitungkan spesifikasi SoC, Kamera, dan kapasitas baterai. Kenapa fitur ini sangat di perhitungan padahal termasuk fitur baru?

Penyebabnya karena sudah banyak perangkat Android yang menggunakan baterai besar supaya perangkat bisa digunakan lebih lama lagi. Untuk mengisi baterai dengan kapasitas mAh yang besar pasti akan memakan waktu yang lama.

Nah dengan adanya Fast Charging proses pengisian baterai bisa lebih cepat 30%-50%. Mudahnya Fast Charging adalah fitur standar dari proses pengisian cepat yang ada. Karena masih ada jenis pengisian cepat lainnya seperti Pengisian Daya Super.

Walaupun Fast Charging merupakan fitur standar tetapi fitur ini tidak selalu aktif atau berfungsi. Tentu saja penyebab dan faktor yang bisa menyebabkan Fast Charging tidak aktif cukup banyak, salah satunya karena faktor keamanan.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi pengisian cepat yang tidak berfungsi. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kekurangan charging menggunakan Powerbank serta fungsi Voltmeter dan Amperemeter.

Cara Mengatasi Fast Charging Tidak Mau Aktif


1. Pastikan Perangkat Mendukung Fitur Tersebut


Benar sekali, tidak semua perangkat mendukung fitur pengisian cepat atau Fast Charging. Pastikan perangkat yang kalian gunakan mendukung. Jika tidak mendukung percuma saja kalian isi dengan charger yang memiliki Watt besar.

2. Pastikan Charger Memiliki Watt Yang Besar


Saya sendiri kurang tau berapa minimal Watt pada charger yang bisa disebut dengan Fast Charging. Fast Charging adalah pengisian cepat paling lambat karena ini fitur standar. Tetapi minimal gunakan charger 18 Watt.

3. Kabel Data Bermasalah dan Masalah Lainnya


Kabel data sering menjadi masalah utama karena sering tertarik, terinjak, atau tertekuk. Oleh karena itu pastikan kabel yang kalian miliki masih bagus. Selain itu pastikan kabel terhubung dengan benar ke kepala charger.


4. Suhu Terlalu Tinggi


Fast Charging dan pengisian cepat lainnya akan efektif jika perangkat dalam keadaan suhu dingin atau suhu normal. Fitur Fast Charging tidak akan aktif jika perangkat sedang panas atau melebihi suhu 30℃ atau 40℃ lebih.

5. Fast Charging Belum Aktif atau Sudah Mati


Bagi kalian yang tidak tau pengisian dengan Ampere yang besar hanya aktif jika baterai sudah terisi pada persenan tertentu. Setahu saya pengisian cepat akan aktif setelah baterai terisi 20% dan akan mati sebelum baterai terisi 90%.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi mengatasi fitur Fast Charging yang tidak mau aktif atau tidak berfungsi saat perangkat di cas. Kalian bisa cari tau sendiri dan yang paling umum karena ada masalah di charger atau kabel datanya.

Terkadang perangkat yang error juga bisa menyebabkan Fast Charging tidak aktif. Muncul ubah pengisian daya saat charging HP? Jika kalian tidak tau arti dan cara menghilangkannya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon