Perbedaan Dedicated Graphics Card dan Integrated Graphics Card

Perbedaan Dedicated Graphics Card dan Integrated Graphics Card

KEPOINDONESIA.id - Selain prosesor saat ingin merakit sebuah PC atau membeli perangkat Laptop untuk pekerjaan berat pengguna juga mempertimbangkan komponen kartu grafis. Saat merakit PC atau Komputer hal ini sebenarnya bukanlah masalah besar asalkan memiliki budget lebih.

Berbeda jika kalian ingin membeli Laptop, karena kalian harus mencari Laptop yang memang memiliki kartu grafis yang kalian inginkan. Jadi ada yang namanya Dedicated Graphics card dan ada yang namanya Integrated Graphics card.

Kartu grafis atau yang sering disebut VGA memiliki peran penting supaya perangkat Komputer dan Laptop bekerja secara maksimal. Atau bisa dikatakan dengan adanya VGA kinerja prosesor menjadi lebih ringan karena hal-hal tertentu perlu dikerjakan oleh VGA bukan prosesor.

Umumnya saat membeli Laptop VGA yang terdapat di Laptop yaitu Integrated. Ada juga yang Dedicated dan yang pasti harganya mahal di atas 10 jutaan. Salah satu Laptop dibawah 10 jutaan yang menggunakan Dedicated kartu grafis yaitu Lenovo V14 G2 I3-1115G4 256GB SSD 4GB MX350.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan perbedaan antara kartu grafis terintegrasi dengan kartu grafis berdedikasi. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan clock speed pada sebuah prosesor serta apa itu SoC yang ada di smartphone.

Integrated Graphics Card


Kartu grafis atau VGA yang dikenal dengan istilah VGA onboard yang menyatu dengan motherboard sebuah laptop atau Komputer. Integrated Graphics Card bisa dikatakan hanya sebagai tambahan saja yang fungsinya tidak terlalu mendominasi.

Diperuntukan untuk pekerjaan ringan dan sangat kurang bahkan tidak cocok digunakan untuk rendering video atau kegiatan lainnya yang membutuhkan VGA. Selain spesifikasinya yang terbatas karena tidak memiliki RAM tersendiri unit terintegrasi juga cepat panas.

Katakanlah jika VGA nya cukup tinggi tetapi jika terintegrasi tetap masih kurang. Oleh karena itu jika kalian akan menggunakan Laptop yang kalian miliki untuk menjalankan pekerjaan berat memilih Dedicated Graphics card adalah pilihan terbaik.

Dedicated Graphics Card


Jika Integrated Graphics card menggunakan RAM yang juga digunakan oleh prosesor, sedangkan Dedicated Graphics card tidak. Dedicated kartu grafis memiliki RAM dan data yang terpisah dan saat melakukan pemrosesan tidak mempengaruhi memori utama.

Dedicated Graphics card seperti sebuah komponen tersendiri sedangkan Integrated Graphics card sebuah VGA yang menyatu dengan komponen lainnya seperti prosesor, CPU, dan komponen lainnya yang ada di motherboard.

Kesimpulannya apa? menggunakan Dedicated Graphics card jelas lebih baik karena harga VGA nya juga mahal. Jadi butuh atau tidak sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kalian masing-masing karena harga VGA mahal jadi saya tidak menyarankannya.

Itu saja pembahasan saya kali ini dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai penggunaan Disk yang 100% di Task Manager. Disk yang selalu 100% jangan di anggap remeh selain membuat perangkat menjadi lambat juga bisa membuat perangkat mati secara tiba-tiba.


EmoticonEmoticon