4 Cara Mengatasi Keyboard Mengetik Sendiri di Laptop dan Komputer

4 Cara Mengatasi Keyboard Mengetik Sendiri di Laptop dan Komputer

KEPOINDONESIA.id - Kebanyakan orang sangat sayang sekali dengan keyboard yang ada di Laptop yang mereka miliki. Bukan tanpa alasan tetapi keyboard di Laptop jika rusak biaya perbaikannya tidaklah sedikit atau murah.

Berbeda dengan keyboard eksternal jika rusak atau sudah error tinggal ganti dengan yang baru. Oleh karena itu penggunaan keyboard eksternal selain bagi pengguna Komputer pengguna Laptop juga banyak yang menggunakannya.

Nah masalah yang sering terjadi pada keyboard yaitu keyboard mengetik sendiri. Keyboard mengetik dengan sendirinya atau menekan dengan sendirinya adalah masalah yang harus segera kalian atasi.

Jika tidak segera kalian atasi bisa-bisa berdampak buruk pada Laptop atau Komputer yang kalian miliki. Seperti yang kita tau jika keyboard menekan sendiri maka kita tidak akan tau keyboard tersebut menekan menu apa dan perintah apa.

Mudahnya nantinya akan banyak tab dan program yang terbuka tanpa kita ketahui. Supaya masalah yang ditimbulkan oleh keyboard yang error tidak bertambah banyak kalian bisa baca beberapa penjelasan saya mengenai permasalahan ini.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara memindahkan data dari HP ke Komputer dan Laptop serta solusi kesalahan pengguna di aplikasi ADM.

Solusi Keyboard Menekan Sendiri


1. Cek Dengan Keyboard Tester


Yang pertama kalian bisa cek tombol mana yang menekan sendiri dengan layanan Keyboard Checker atau Keyboard Tester. Cara ini wajib kalian lakukan untuk mengetahui tombol di keyboard yang error atau bermasalah.

Nantinya akan terlihat tombol tersebut menekan terus padahal sedang tidak kita tekan. Jika sudah pasti bahwa tombol tersebut yang error maka waktunya kalian mengatasi permasalahan tersebut.

2. Kembalikan Posisi Tombol


Biasanya ada beberapa keyboard setelah di tekan tombol tidak kembali khususnya di keyboard murahan. Nah kalian harus memastikan bahwa posisi tombol sedang tidak menekan sama sekali.

Saya sendiri pernah mengalami tombol enter selalu menekan. Akan tetapi seiring penggunaan masalah tersebut sudah tidak saya temui lagi. Kemungkinan besar karet di bawah keyboard sudah lentur.

3. Lepas Keyboard


Ini hanya berlaku untuk keyboard eksternal saja. Kemungkinan besar lubang USB port di Laptop atau Komputer milik kalian kotor atau tidak pas. Untuk itu kalian bisa lepas penghubung keyboard dengan USB port.

Setelah itu kalian hubungkan kembali. Jika sudah normal maka masalah keyboard menekan sendiri sudah kalian atasi. Tetapi jika masih menekan sendiri kemungkinan ada kerusakan hardware lainnya.

4. Ada Kerusakan Hardware


Yang terakhir karena ada kerusakan hardware dan tanda bahwa Laptop yang kalian miliki akan segera rusak. Yang pernah saya alami setelah beberapa hari keyboard bermasalah tidak lama Laptop yang saya miliki mati total.

Setelah di perbaiki di tukang servis ternyata terjadi short. Setelah Laptop di perbaiki keyboard di Laptop yang sama miliki normal kembali dan tidak pernah menekan sendiri seperti sebelumnya.

Nah itu dia beberapa solusi untuk mengatasi keyboard menekan atau memencet sendiri. Selain menekan sendiri ada beberapa masalah lainnya seperti tidak bisa memunculkan huruf dan nomor atau huruf yang muncul berbeda dengan tombol yang di tekan.

Untuk masalah selain menekan sendiri mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya. Tidak tau cara mengetik bintang dengan keyboard fisik? jika kalian tidak tau kalian bisa baca cara mengetik simbol bintang di Komputer dan Laptop.


EmoticonEmoticon