4 Solusi USB OTG Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi

4 Solusi USB OTG Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi

KEPOINDONESIA.id - Semakin banyak orang yang menggunakan Flashdisk sebagai media penyimpanan tambahan penggunaan OTG juga semakin meningkat. Jika dulu Card Reader cukup populer kini posisi Card Reader digantikan oleh OTG.

Redupnya penggunaan Card Reader tidak lepas dari kemajuan teknologi. Dari pada menghubungkan penyimpanan ke Komputer atau Laptop lebih baik menghubungkan penyimpanan ke perangkat mobile seperti Android dan iOS.

Seperti yang kalian ketahui jika Card Reader adalah penghubung SD Card dengan perangkat desktop. Sedangkan USB OTG atau On The Go penghubung antara Flashdisk dengan perangkat mobile.

Masalah yang sering terjadi saat menggunakan USB OTG yaitu OTG tidak terdeteksi atau tidak terbaca. Setelah Flashdisk di hubungkan ke OTG lalu ingin di sambungkan ke perangkat mobile ternyata tidak terbaca.

Jika tidak terbaca maka kalian tidak akan bisa melihat file yang ada di Flashdisk tersebut. Tanpa adanya OTG Flashdisk tidak akan bisa terhubung ke perangkat mobile. Lalu bagaimana cara mengatasi USB OTG yang tidak terdeteksi?

Ada beberapa cara, atau lebih tepatnya ada beberapa penyebab. Setelah kalian tau penyebabnya kalian bisa mengatasi permasalahan tersebut. Langsung saja jika penasaran kalian bisa melihat beberapa solusi dan penyebabnya dibawah ini.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti bahaya melepas Kartu SD tanpa mematikan HP serta solusi mengatasi Bluetooth Android nyala sendiri.

Penyebab dan Solusi OTG Tidak Terdeteksi


1. Pastikan Perangkat Kalian Support OTG


Yang wajib kalian pastikan pertama kali yaitu pastikan perangkat atau HP kalian support atau mendukung USB OTG. Walaupun tidak semua HP Android support akan tetapi HP 1 jutaan sudah banyak yang support USB On The Go.

Apa ciri khusus jika sebuah perangkat mendukung OTG? Saya sendiri tidak tau pasti. Akan tetapi jika kalian tidak tau lebih baik bertanya ke forum dan tanyakan apakah HP yang kalian miliki support OTG atau tidak.

2. USB OTG Tidak Terhubung Dengan Benar


Masalah ini akan kalian alami jika kalian membeli OTG murahan. Wajar saja, pasti tidak presisi layaknya USB OTG dengan harga yang mahal. Akan tetapi jika terus kalian coba akan berhasil jika memang perangkat sudah mendukung USB OTG.

3. Flashdisk Tidak Terpasang Dengan Benar ke OTG


Tidak hanya OTG yang harus terhubung dengan benar ke perangkat, Flashdisk yang ingin kalian hubungkan juga harus terhubung dengan benar ke OTG. Jika tidak terhubung dengan benar tidak akan bisa terdeteksi sampai kapanpun.

4. USB OTG atau Flashdisk Sudah Rusak


Dan untuk penyebab terakhir yaitu antara Flashdisk dan OTG salah satu atau semuanya sudah rusak. Misalnya USB OTG yang rusak, OTG tidak akan bisa menjadi perantara Flashdisk ke perangkat mobile.

Sedangkan jika Flashdisk yang rusak walaupun OTG sudah terhubung akan tetapi tidak akan terbaca karena Flashdisk sudah rusak. Jadi pastikan OTG dan Flashdisk yang kalian miliki masih normal.

Itu dia beberapa penyebab dan solusinya mengatasi OTG tidak terbaca. Kerusakan USB OTG bermacam-macam tergantung jenis OTG nya. Jika OTG memiliki kabel kemungkinan besar kabelnya sudah putus.

Berbicara mengenai penyimpanan, kalian pernah tidak mengalami izin ditolak saat menambahkan Kartu SD. Jika kalian pernah mengalaminya kalian bisa baca artikel tentang masalah tersebut.


EmoticonEmoticon