Fungsi Eject Flashdisk Sebelum Di Cabut Dari Laptop dan Komputer

Fungsi Eject Flashdisk Sebelum Di Cabut Dari Laptop dan Komputer

KEPOINDONESIA.id - Saat menghubungkan Flashdisk ke perangkat desktop seperti Komputer dan Laptop kalian wajib mencabutnya dengan aman. Ini sudah menjadi hal wajib yang dilakukan oleh semua orang supaya Flashdisk yang mereka miliki tidak rusak.

Karena banyak informasi yang beredar bahwa mencabut Flashdisk yang terhubung ke perangkat desktop harus dilakukan secara aman alias tidak langsung dicabut begitu saja.

Jika dicabut begitu saja banyak permasalahan yang akan kalian alami seperti data di Flashdisk hilang, Flashdisk error, bahkan bisa menyebabkan kerusakan. Maka dari itu sebelum mencabut Flashdisk lebih baik di Eject terlebih dahulu.

Apa itu Eject? saya pikir kalian pernah bahkan sering melihat dan menggunakan fitur Eject. Akan tetapi saya yakin kalian sendiri tidak tau Eject itu sebenarnya apa. Hanya ikut-ikutan menggunakan fitur tersebut.

Bukan hanya sebagai gimmick, fitur Eject pasti ada saat Flashdisk yang kalian miliki kalian hubungkan ke Laptop atau Komputer. Yang menjadi pertanyaan ialah, Eject itu sebenarnya apa?

Supaya kalian tau kali ini saya akan menjelaskan tentang apa yang disebut dengan Eject. Selain itu saya juga akan membahas mengenai beberapa fungsi Eject yang perlu kalian ketahui.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi mengatasi tidak bisa memindahkan file dan folder serta cara mengubah PNG menjadi JPG lewat Photoshop.

Apa Itu Eject?


Singkatnya Eject adalah itu pengaman Flashdisk supaya data yang ada di Flashdisk tidak hilang atau rusak. Cara kerjanya setelah kalian memilih Eject maka sistem akan memberikan signal untuk memutus hubungan dengan Flashdisk.

Jadi saat Flashdisk di cabut tidak ada hubungan yang sedang berlangsung. Selain itu sistem akan mengecek terlebih dahulu apakah ada proses, aplikasi, atau file yang berada di Flashdisk yang sedang dibuka.

Jika ada file di Flashdisk yang sedang dibuka nantinya kalian akan mendapatkan peringatan untuk menutup program terkait. Sebelum kalian tutup, melepas atau mencabut Flashdisk secara langsung tidak disarankan.


Fungsi dan Kegunaan Eject


Sudah jelas fungsinya yaitu untuk mengamankan Flashdisk dan isinya. Karena jika masih ada hubungan dan Flashdisk kalian cabut begitu saja Flashdisk rawan error. Sesekali duakali mungkin tidak masalah.

Akan tetapi jika terlalu sering hanya menunggu waktu saja sampai Flashdisk rusak dan data yang ada di Flashdisk tidak akan bisa kalian selamatkan. Seperti halnya update sistem, kalian tidak disarankan mematikan perangkat sebelum proses update selesai.

Hanya perlu beberapa langkah dan beberapa detik, lebih baik kalian selalu melakukan Eject saat kalian menghubungkan Flashdisk ke perangkat desktop. Apa gunanya Flashdisk jika kalian tidak bisa merawat supaya data yang ada di dalamnya tetap aman.

Sama halnya memasang atau melepas Kartu SD di HP yang sedang menyala, sebenarnya hal tersebut tidak di anjurkan. Akan tetapi karena sistem di perangkat ponsel pintar sudah canggih hal seperti itu sering diabaikan.


EmoticonEmoticon