Fingerprint dan Touch ID, Apa Bedanya?

Fingerprint dan Touch ID, Apa Bedanya?

KEPOINDONESIA.id - Fingerprint adalah salah satu fitur wajib yang harus ada di HP Android keluaran terbaru. Dari awal muncul hingga sekarang fingerprint atau yang lebih dikenal sebagai pemindai sidik jari adalah sistem keamanan yang ketat dan cepat.

Kenapa saya bilang ketat? karena seperti yang kita ketahui sidik jari masing-masing individu berbeda beda. Sidik jari memiliki rumus yang rumit dan sangat tidak mungkin satu individu dengan individu yang lainnya memiliki sidik jari yang sama.

Sedangkan saya bilang cepat karena prosesnya sangat cepat sekali. Dari pada menggunakan Pattern atau PIN jelas menggunakan pemindai sidik jari akan lebih cepat berkali-kali lipat. Selain itu keamanan tradisional seperti PIN cukup rawan karena orang lain dapat mengetahuinya.

Selain fingerprint ada juga yang namanya Touch ID. Saya yakin ada yang sudah tau mengenai Touch ID dan ada yang belum tau. Touch ID adalah pemindai sidik jari yang ada di iPhone 5 sampai iPhone 8.

Antara Touch ID dan Fingerprint berbeda atau sama? Kemungkinan besar sama saja akan tetapi mari kita bahas lebih lanjut lagi. Namun sebelum kita bahas Touch ID dan fingerprint kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti solusi mengatasi Face ID di Android tidak berfungsi serta cara mengembalikan menu Fingerprint di pengaturan yang hilang. Berikut perbedaan sistem keamanan Touch ID dan Fingerprint.

Yang pertama dalam penyebutannya. Di Android pemindai sidik jari disebut dengan Fingerprint di vendor apapun itu. Sedangkan di perangkat iPhone yang menggunakan pemindai sidik jari menyebutnya Touch ID.

Touch ID sudah ada lebih dulu dari pada Fingerprint, akan tetapi karena pengguna iPhone tidak banyak istilah ini tidak terlalu populer di beberapa orang. Dari segi teknologi saya kira sama saja karena sama-sama pemindai sidik jari.

Akan tetapi Touch ID di kelola oleh Apple sendiri dan kemungkinan di kerjakan secara serius. Karena Android open source maka teknologi keamanan sidik jari akan di kembangkan oleh masing-masing vendor.

Oleh karena itu masing-masing type HP dari vendor Android memiliki ciri khas fingerprint yang berbeda-beda. Jadi kesimpulan antara Fingerprint dan Touch ID sama atau beda?, saya jawab sama saja.

Karena sama-sama pemindai sidik jari. Hanya saja teknologi dan sistem yang digunakan berbeda. Kasus ini mirip-mirip seperti Face ID iPhone dan Face Unlock Android yang masih di perdebatkan mana yang lebih bagus.


EmoticonEmoticon