3 Kelebihan Menggunakan Launcher Bawaan Android

3 Kelebihan Menggunakan Launcher Bawaan Android

KEPOINDONESIA.id - Saya yakin beberapa dari kalian sudah tau apa yang dimaksud dengan launcher. Launcher populer beberapa tahun yang lalu sebelum antarmuka di beberapa HP Android memiliki fitur tema seperti yang ada di MIUI dan ColorOS.

Launcher hampir sama seperti User Interface tetapi yang jelas User Interface lebih memiliki fitur-fitur yang lengkap tidak seperti launcher. Seperti yang kalian ketahui launcher hanya dapat digunakan pada menu dan halaman depan ponsel Android.

Jika kalian penasaran tentang launcher dan bertanya apa itu yang disebut launcher, maka saya akan menjelaskannya secara singkat untuk kalian. Launcher adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk merubah dan memberikan efek tampilan pada layar depan HP Android.

Singkatnya launcher hanya merubah ikon dan gaya saja pada halaman depan dan app drawer. Sedangkan tema pada user interface di perangkat Android terbaru bisa merubah keseluruhan perangkat mulai dari ikon aplikasi, ikon di status bar, hingga notifikasi bar.

Jadi pengertian launcher hampir sama seperti tema, tetapi hanya sebatas tampilan layar depan atau home screen saja. Jika kalian tidak suka dengan launcher di perangkat kalian, kalian bisa mengunduh launcher yang ada di Play Store.

Seperti yang kalian ketahui tampilan launcher bawaan biasanya tidak bisa diubah. Oleh karena itu banyak orang yang menginstall launcher dari pihak ketiga seperti Nova Launcher dan Microsoft Launcer.

Yang perlu kalian ketahui yaitu ternyata launcher bawaan lebih baik dari pada launcher pihak ketiga. Karena bisa mempengaruhi kinerja perangkat Android yang kalian miliki. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian tentang keunggulan launcher bawaan.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik tentang Android yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi wifi tidak bisa dimatikan di Android serta cara menambah jam di home screen HP.

Keunggulan Launcher Bawaan Android


1. Lebih Ringan dan Tidak Memakan RAM


Ini adalah salah satu keunggulan launcher bawaan. Karena termasuk aplikasi sistem launcher bawaan menggunakan kapasitas RAM yang sangat sedikit. Apalagi jika dipadukan dengan stock Android atau pure Android.

Masing-masing produsen smartphone memiliki launcher bawaan mereka. Tetapi untuk sekarang launcher digabungkan dengan user interface seperti MIUI yang memiliki fungsi lebih seperti mengganti tema dan mengunci aplikasi.

2. Lebih Simpel


Yang kedua jelas launcher bawaan lebih simpel dari pada launcher pihak ketiga. Simpel disini relatif tergantung persepsi orang masing-masing. Yang jelas jika kalian menggunakan launcher bawaan proses swipe aplikasi nya akan lebih ringan.

3. Jarang Berhenti Secara Paksa


Yang terakhir yaitu jarang berhenti. Seperti yang kalian ketahui launcher bawaan termasuk aplikasi sistem, karena aplikasi sistem sudah dipastikan bahwa launcher tersebut tidak akan berhenti secara mendadak seperti launcher pihak ketiga.

Jika perangkat kalian lemot launcher dari pihak ketiga biasanya akan berhenti dan akan kembali ke launcher default dengan sendirinya. Oleh karena itu sebenarnya jika kalian menggunakan aplikasi launcher dari Play Store, launcher bawaan tetap berjalan di latar belakang.

Nah itu dia beberapa keunggulan dan kelebihan menggunakan launcher bawaan di Android. Jauh lebih ringan, tidak memakan RAM yang banyak, dan jarang gagal atau terhenti paksa. Oleh karena itu lebih baik kalian menggunakan launcher default saja karena kini launcher default sudah sangat bagus.

Terakhir jika kalian mengalami tombol switch atau ganti kamera belakang ke kamera depan hilang kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saja jelas kan cara mengatasi tombol switch kamera yang hilang.


EmoticonEmoticon