Fungsi Tombol F1 - F12 di Keyboard Yang Perlu Diketahui

Fungsi Tombol F1 - F12 di Keyboard Yang Perlu Diketahui

KEPOINDONESIA.id - Salah satu tombol yang cukup mencolok di keyboard Komputer dan Laptop ialah tombol Function Keys dari F1 sampai F12. Tombol ini mencolok karena letaknya di paling atas dan berurutan dari F1 paling kiri hingga F12 paling kanan.

Dari ke 12 tombol Function tersebut yang paling sering digunakan yaitu F5. Rata-rata orang akan menggunakan tombol F5 ketika perangkat baru dinyalakan. Saya yakin kalian juga melakukan hal itu.

F5 atau tombol refresh adalah tombol yang pasti digunakan oleh setiap orang. Karena melakukan refresh cukup penting supaya kinerja Komputer dan Laptop menjadi lebih baik setelah selesai booting.

Mungkin kalian tidak hanya ingin tau fungsi tombol F5 saja. Untuk itu supaya kalian tau semua fungsi Function Keys di keyboard kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi semua tombol F yang ada di keyboard.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan fungsinya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mudah menambah tanda kutip serta cara menulis simbol dollar ($) di keyboard PC.

Fungsi Tombol Function Keys


Tombol F1


Berfungsi untuk membuka menu Help di semua aplikasi Windows

Tombol F2


Berfungsi seperti fitur Rename

Tombol F3


Berfungsi Untuk mematikan dan mengaktifkan fitur wifi serta berfungsi sebagai fitur pencarian

Tombol F4


Berfungsi sebagai Undo

Tombol F5


Berfungsi sebagai Refresh, menayangkan Slide Show, dan menurunkan kecerahan layar

Tombol F6


Berfungsi mengarahkan kursor ke address bar dan menaikkan kecerahan layar

Tombol F7


Berfungsi menampilkan spell check and grammar dan thesaurus di Microsoft Word serta bisa digunakan untuk mengaktifkan layar monitor pada proyektor

Tombol F8


Berfungsi untuk masuk ke Windows Startup dan Windows Safe Mode serta dapat digunakan untuk mematikan monitor di proyektor

Tombol F9


Berfungsi membuka toolbar pada Quark 5.0 dan menampilkan informasi sistem

Tombol F10


Berfungsi membuka Kotak Masuk email dan mengaktifkan menu bar di aplikasi

Tombol F11


Berfungsi mengatur tampilan layar menjadi tampilan penuh atau sebaliknya

Tombol F12


Berfungsi membuka menu Save As di Microsoft Word

Nah itu dia masing-masing fungsi tombol F atau tombol Function. Fungsi yang saya bahas ialah fungsi dasar masing-masing tombol. Selain fungsi dasar ada juga fungsi kombinasi yang bisa kalian gunakan juga.

Untuk fungsi kombinasi dari masing-masing Function Keys akan saya bahas di artikel berikutnya. Jadi itu saja yang bisa saya jelaskan tentang tombol Function yang ada di keyboard Laptop dan Komputer.

Tidak tau cara melakukan tangkap layar sebagian di Windows? jika kalian tidak tau kalian bisa baca artikel tentang screenshot sebagian di perangkat Windows. Kalian bisa melakukan screenshot sebagai di keadaan tertentu.


EmoticonEmoticon