Fungsi dan Perbedaan Antara Save dan Save As, Jangan Sampai Keliru

Fungsi dan Perbedaan Antara Save dan Save As, Jangan Sampai Keliru

KEPOINDONESIA.id - Save dan Save As adalah pilihan yang sulit bagi pengguna pemula saat menggunakan Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, atau yang lainnya. Banyak yang mengira bahwa keduanya sama saja tetapi sebenarnya berbeda.

Bisa dibilang keduanya cukup berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Jadi jika kalian sering kebingungan kenapa dokumen yang sedang kalian edit tidak bisa diubah seperti sebelumnya itu disebabkan karena kalian menggunakan opsi Save.

Jika kalian menggunakan opsi Save As hal serupa tidak akan kalian alami. Save As memang jarang digunakan karena tidak banyak yang tau fungsinya. Tidak hanya di program Microsoft Office saja Save As juga bisa kalian temukan di Microsoft Paint.

Save memiliki arti Simpan sedangkan Save As memiliki arti Simpan Sebagai. Apa perbedaannya dan kapan harus menggunakan Save dan kapan harus menggunakan Save As?. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut ke perbedaan Save As dan Save kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang mungkin bermanfaat bagi kalian. Kalian bisa baca artikel mengenai kenapa tidak bisa mengetik di Microsoft Word serta cara ngeprint yang benar lewat warung internet.

Perbedaan dan Fungsi Save dan Save As


Perbedaan yang pertama ialah Save menyimpan dokumen atau data dengan namanya yang sama sedangkan Save As digunakan untuk menyimpan dokumen atau data dengan namanya yang berbeda.

Tidak hanya pada bagian nama tetapi pada file nya juga. Save tidak akan membuat file atau data baru tetapi hanya menyimpan ke file dan data sebelumnya. Sedangkan Save As selain membuat nama baru juga membuat data atau file yang baru juga.

Jadi jika kalian tekan Save perubahan akan langsung terjadi di file terkait. Tetapi jika kalian menekan Save As dokumen atau file asli tidak akan berubah dan dokumen yang sudah kalian ubah akan tersimpan dengan nama baru yang bisa kalian tentukan.

Kapan Menggunakan Simpan atau Save dan Simpan Sebagai atau Save As


Jika kalian sudah yakin dengan apa yang sudah kalian ubah dan edit dan tidak suka terlalu banyak file dengan data yang sama lebih baik kalian pilih opsi Save. Tetapi jika kalian tidak mau merubah data asli dan ingin membuat data baru kalian bisa pilih opsi Save As.

Untuk menghindari kesalahan biasanya pekerja yang terbiasa menggunakan MS Word dan MS Excel akan memanfaatkan Save As. Dan jika sudah tidak diperlukan file asli akan dihapus dan hanya menyimpan file yang disimpan lewat Save As tadi.

Kalau cuma dijelaskan mungkin kalian akan bingung dan tidak tau. Lebih baik kalian coba fitur Save dan Save As di program yang sering kalian gunakan. Tidak banyak yang tau tetapi Save As atau Simpan Sebagai memiliki peranan yang cukup penting.

Selain pada nama dan file asli, Save dan Save As memiliki perbedaan pada letak dokumen yang sudah disimpan. Save As bisa kalian pilih ingin disimpan ke folder yang mana sedangkan Save tidak akan ada perubahan sama sekali.

Sekian artikel kali ini mengenai Save dan Save As. Sebelum saya akhiri jika kalian ingin mengecilkan ukuran foto dan gambar menjadi 200 KB atau 100 KB kalian bisa baca artikel mengenai cara kompres ukuran foto dan gambar sampai ukuran terkecil.


EmoticonEmoticon