Cara Menambah Tanda Petik atau Kutip di Komputer dan Laptop

Cara Menambah Tanda Petik atau Kutip di Komputer dan Laptop

KEPOINDONESIA.id - Banyak tanda baca yang biasanya sulit ditemukan oleh beberapa orang saat menggunakan Laptop dan Komputer. Berbeda dengan keyboard virtual, di keyboard fisik tidak bisa menampilkan menu tanda baca.

Tidak dengan keyboard virtual, kita bisa menampilkan menu tanda baca dan semua tanda baca akan muncul. Orang yang jarang menggunakan HP pun pasti akan bisa menemukan tanda baca yang dibutuhkan.

Karena mencari suatu hal di halaman yang sama akan lebih mudah. Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai cara membuat simbol at atau @ di Komputer dan Laptop. Nah untuk kali ini saya akan mencontohkan cara menambahkan tanda kutip atau petik.

Tanda Petik atau Kutip adalah tanda baca yang digunakan secara berpasangan untuk menandai sebuah ungkapan, frasa, kalimat atau kata tertentu. Mudahnya tanda petik digunakan untuk mengapit sebuah kata hingga kalimat.

Ada dua jenis tanda petik yaitu tanda petik tunggal dan tanda petik ganda. Tanda petik tunggal seperti ini ( ' ) sedangkan tanda petik ganda seperti ini ( " ). Nah yang mungkin menjadi pertanyaan banyak orang ialah bagaimana cara menambah atau memunculkan tanda petik?

Khususnya di Komputer dan Laptop yang menggunakan keyboard fisik. Supaya kalian tau cara membuat tanda kutip atau petik di PC kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca perbedaan antara IDR dan Rupiah serta apa yang dimaksud dengan Copyright.

Tanda Petik Tunggal


Tanda Petik Tunggal

Kalian bisa menambahkan tanda Petik Tunggal ( ' ) dengan menekan simbol Tanda Petik di keyboard. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar di atas.

Contoh Penggunaan Tanda Petik Tunggal: 

- Perlu membuat halaman Policy 'Kebijakan' di blog atau situs
- Seorang panjang tangan 'Pencuri' tertangkap saat beraksi di siang bolong

Tanda Petik Ganda


Tanda Petik Ganda

Sama seperti tanda petik tunggal, tanda Petik Ganda ( " ) bisa kalian tambahkan dengan menekan tanda petik di keyboard, hanya saja kalian perlu menekan Shift juga. Singkatnya untuk memunculkan tanda petik ganda kalian harus menggunakan kombinasi keyboard Shift + Tanda Petik. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar di atas.

Contoh Penggunaan Tanda Petik Ganda:

- Dion berkata "Saya mau asalkan mereka juga ikut"
- Android versi 9 "Pie" salah satu versi Android terbaik

Nah mudah bukan cara membuat tanda petik atau tanda kutip di keyboard Komputer dan Laptop. Cara ini khusus untuk teks atau tulisan biasa. Sedangkan untuk di Microsoft Excel karena menggunakan rumus kalian harus menambahkannya dengan cara yang berbeda. 

Cukup sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat. Tidak tau hasil unduhan di Chrome Android? kalian bisa baca cara melihat file yang terunduh di Google Chrome Android. Nantinya kalian bisa melihat semua file yang sudah kalian unduh atau download dari internet. 


EmoticonEmoticon