Cara Screenshot Sebagian Layar Laptop dan Komputer Windows 10

Cara Screenshot Sebagian Layar Laptop dan Komputer Windows 10

KEPOINDONESIA.id - Melakukan screenshot atau tangkap layar merupakan hal yang bisa kita lakukan dengan mudah untuk sekarang ini. Untuk beberapa tahun yang lalu, untuk melakukan hal tersebut perlu aplikasi tambahan baik untuk di Komputer ataupun Smartphone.

Umumnya, screenshot akan menangkap semua tampilan yang ada di layar. Jadi jika ada data atau tulisan yang tidak boleh diperlihatkan oleh orang lain kita wajib mengeditnya atau menyensornya terlebih dahulu.

Namun jika kalian pengguna Windows 10 baik di Laptop atau PC, kalian tidak usah cemas untuk hal seperti ini. Karena kita dapat screenshot sebagian atau tangkap layar sebagian di Komputer dan Laptop dengan mudah jika menggunakan Windows 10.

Untuk di versi Windows 8 atau Windows 7 apakah bisa atau tidak saya kurang tau, namun untuk di smartphone tentunya belum bisa. Jadi kali ini saya akan membahas mengenai cara mudah screenshot sebagian di Laptop atau PC Komputer yang menggunakan Win 10.

Untuk cara screenshot di Komputer atau cara screenshot di Laptop ini terbilang mudah hanya perlu kombinasi tombol pada keyboard. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengatur layar mati di komputer dan cara menampilkan aplikasi yang hilang di desktop.

Cara Screenshot Sebagian di Windows 10


1. Langkah pertama untuk melakukan screenshot sebagian ialah silakan kalian menekan kombinasi keyboard WINDOWS + SHIFT + S


2. Selanjutnya pilih bagian layar yang ingin di screenshot saja

2. Selanjutnya pilih bagian layar yang ingin di screenshot saja

3. Kemudian silakan buka aplikasi Paint lalu tekan kombinasi CTRL + V untuk paste hasil screenshot tadi

3. Kemudian silakan buka aplikasi Paint lalu tekan kombinasi CTRL + V untuk paste hasil screenshot tadi

4. Terakhir, yaitu menyimpan hasil screenshot tadi. Caranya silakan klik File>Save As lalu pilih ingin di save dalam format PNG picture atau JPEG picture


Nah itu dia cara screenshot sebagian atau cara tangkap layar sebagian di Komputer dan Laptop. Untuk yang saya gunakan ini yaitu Windows 10 Home, mungkin untuk di Windows 10 Pro tampilannya agak berbeda, namun caranya tetap sama saja.

Selain itu jika Windows Defender kalian tidak mau aktif dan ada tanda serunya, kalian bisa baca solusi Real-Time Protection di Windows 10 tidak mau menyala. Jadi jika Real-Time Protection tidak aktif sama saja kalian tidak mengaktifkan Windows Defender. 


EmoticonEmoticon