3 Tips Mengatasi Tidak Dapat Memeriksa Update di Android

3 Tips Mengatasi Tidak Dapat Memeriksa Update di Android

KEPOINDONESIA.id - Beberapa hari yang lalu saya sempat melihat postingan seseorang di salah satu grup Android di Facebook mengenai pembaruan sistem yang tidak bisa dilakukan. Atau lebih tepatnya tidak bisa melihat pembaruan sistem atau update sistem.

Update yang akan dilakukan oleh orang tadi yaitu pembaruan patch keamanan, bukan upgrade sistem operasi. Setelah mengakses menu Pembaruan Sistem, file pembaruan tidak muncul tetapi malah muncul pemberitahuan bahwa tidak dapat memeriksa update.

Muncul peringatan update tidak tersedia, lengkapnya berikut peringatan yang tampil "Update tidak tersedia untuk sementara waktu. Silakan coba lagi nanti.". Masalah ini muncul di beberapa perangkat yang tidak langsung melakukan pembaruan saat pembaruan muncul.

Seperti yang sudah pernah saya bahas yaitu tentang tidak bisa mengunduh pembaruan di Xiaomi, masalah ini serupa. Jika kalian pengguna Xiaomi kalian bisa baca artikel tersebut siapa tahu kalian akan mengalami masalah serupa.

Sedangkan untuk kali ini saya akan menjelaskan tentang solusi mengatasi update tidak tersedia di Android. Khususnya perangkat Android yang menggunakan Stock Android atau Pure Andorid dan AndroidOne.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang berkaitan dengan Android. Seperti mengapa proses pemeriksaan update sistem lama serta solusi aplikasi GCam tidak bisa digunakan.

Penyebab Update Tidak Tersedia di Pembaruan Sistem Android


1. Koneksi Jaringan


Memang koneksi jaringan sangat berpengaruh sekali. Saya sendiri sudah lupa ada berapa masalah yang sudah pernah saya bahas yang penyebabnya karena koneksi jaringan internet yang lemah atau buruk.

Karena untuk memeriksa update atau pembaruan butuh koneksi internet saat menghubungkan ke server pembaruan. Jika koneksi internet yang kalian gunakan sangat lemah maka proses pengecekan tidak akan bisa.

2. Server Pembaruan Bermasalah


Selain dari jaringan yang kita gunakan, masalah juga bisa muncul di server milik Google. File pembaruan yang akan kalian unduh dan install berada di server Google. Jika ada masalah di server maka kalian belum bisa melakukan proses pengunduhan file pembaruan.

Karena terhubung ke server saja tidak bisa apalagi mengunduh file pembaruan yang ada di server tersebut. Tidak ada yang bisa kalian lakukan, kalian hanya perlu menunggu server diperbaiki dan nantinya proses update sistem bisa kalian lakukan.

3. Pembaruan di Tarik


Yang terakhir karena pembaruan sistem yang sudah dikirimkan oleh pihak vendor ditarik kembali karena alasan tertentu. Lagi-lagi tidak ada yang bisa kalian lakukan kecuali menunggu pembaruan sistem di rilis kembali.

Atau jika kalian mengetahui situs atau web yang memiliki data pembaruan sama seperti perangkat yang kalian miliki kalian bisa melakukan pembaruan dengan cara manual. Akan tetapi tidak saya sarankan, karena bisa saja perangkat yang kalian miliki menjadi Bootloop.

Nah itu dia penyebab dan solusi tidak dapat memeriksa pembaruan di Android. Referensi yang saya ambil dari Nokia 5.1 Plus yang menggunakan antarmuka AndroidOne. Kemungkinan untuk perangkat lain yang menggunakan Custom UI sedikit berbeda.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian perlu tau apa yang dimaksud dengan hubungkan ke jaringan saat membuka aplikasi. Pemberitahuan tersebut cukup sering muncul di beberapa type Android dan kalian perlu tau apa artinya.


EmoticonEmoticon