Solusi Pembayaran Google Play Tidak Berhasil atau Gagal

Solusi Pembayaran Google Play Tidak Berhasil atau Gagal

KEPOINDONESIA.id - Banyaknya metode pembayaran yang bisa digunakan di Google Play membuat pembelian item di Play Store dan di dalam aplikasi menjadi lebih mudah. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Dulu hanya bisa menggunakan saldo Google Play dan menggunakan metode pembayaran pulsa.

Metode pembayaran pulsa dulu hanya mendukung beberapa operator saja, yang saya tau sejak dulu Telkomsel sudah bisa digunakan untuk pembayaran Google Play. Sedangkan sekarang semua provider atau operator seluler sudah bisa digunakan untuk membayar tagihan Google Play.

Selain dengan saldo Google Play yang bisa diisi dengan GPC dan dengan pulsa, kalian bisa menggunakan dompet digital seperti Gopay. Singkatnya kini kalian bisa membeli aplikasi di Play Store atau membeli item di game menggunakan saldo Gopay.

Walaupun metode pembayaran yang tersedia sudah banyak, tetap saja sering terjadi kesalahan. Kesalahan yang dimaksud ialah proses pembayaran di Google Play tidak berhasil, ditolak, atau gagal.

Masing-masing metode pembayaran memiliki penyebab dan error yang berbeda jika pembayaran tidak berhasil. Karena sebab itu kalian harus tau penyebabnya supaya proses pembayaran bisa dilakukan.

Nah kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab dan cara mengatasi pembayaran di Google Play gagal atau tidak bisa. Saya hanya akan menjelaskan beberapa solusi saja yang umum terjadi.

Namun sebelum lanjut ke cara mengatasinya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan disertai promosi berbayar di video YouTube serta solusi diperlukan autentikasi di Play Store saat install aplikasi.

Cara Mengatasi Pembayaran Tidak Berhasil di Google Play


1. Saldo Google Play Kurang


Yang pertama karena saldo Google Play kurang. Penyebab ini bisa saja terjadi jika kalian ingin menggunakan saldo Google Play yang kalian miliki. Misalnya kalian baru saja redeem kode Google Play Card senilai $10.

Jika di konversi ke rupiah $10 senilai dengan Rp. 150.000. Setelah itu kalian ingin membeli item di dalam game dengan total pembayaran Rp. 170.000. Karena saldo kurang proses pembayaran tidak akan berhasil alias gagal.

2. Pulsa Kurang


Sama seperti jika saldo Google Play kurang, jika kalian menggunakan operator seluler pastikan juga pulsa yang kalian miliki mencukupi. Lebih banyak sedikit lebih baik karena biasanya setiap pembelian ada PPN atau pajak.

Kalian bisa lebihkan pulsa minimal Rp. 20.000 dari total pembelian. Misalnya kalian beli aplikasi dengan harga Rp. 80.000, maka pulsa yang harus tersedia minimal senilai Rp. 100.000. Jika pulsa hanya pas saja sekitar Rp. 80.000 kemungkinan bisa gagal.

3. Pasang Nomor Yang Ingin Digunakan di SIM 1


Berikutnya ini salah satu penyebab yang paling sering terjadi. Walaupun pulsa yang kalian miliki banyak akan tetapi pembayaran di Google Play tetap saja gagal. Kenapa bisa begitu? karena kartu yang digunakan untuk proses pembayaran berada di SIM 2.

Jika kartu atau nomor berada di SIM 2 proses pembayaran tidak akan bisa dilanjutkan. Entah kenapa tetapi nyatanya begitu. Oleh karena itu misalnya kalian menggunakan SIM 2 tetapi gagal lebih baik kalian pindah terlebih dahulu ke SIM 1.

4. Masalah Lainnya


Yang terakhir karena masalah lainnya. Seperti yang sudah saya katakan tadi banyak sekali error yang terjadi saat melakukan proses pembelian di Google Play. Untuk masalah lainnya bisa kalian simpulkan sendiri.

Misalnya saldo Google Play yang banyak tetapi cara mendapatkannya tidak benar maka tidak bisa digunakan sama sekali. Ini sudah sering terjadi, kenapa bisa terjadi? yang jelas Google tidaklah bodoh.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi pembayaran Google Play gagal atau tidak berhasil. Jika kalian melakukannya dengan benar seharusnya proses pembayaran berhasil tanpa masalah apapun.

Salah password atau kata sandi juga bisa membuat proses pembayaran tidak berhasil, oleh karena itu pastikan kata sandi akun Google yang kalian input benar. Cukup sekian pembahasan saya kali ini, tidak bisa login ke akun Google? kalian harus melakukan beberapa cara yang sudah pernah saya jelaskan sebelumnya.


EmoticonEmoticon