Kekurangan Menggunakan Powerbank Untuk Charging HP

Kekurangan Menggunakan Powerbank Untuk Charging HP

KEPOINDONESIA.id - Powerbank masih menjadi salah satu barang elektronik yang sering digunakan untuk mendampingi sebuah smartphone. Seperti yang kalian ketahui fungsi utama dari Powerbank ialah untuk memberikan daya baterai tambahan.

Dengan adanya Powerbank kalian tidak perlu mencari stop kontak untuk mencharger HP yang kalian miliki. Apapun type perangkat yang kalian miliki baik Android, iPhone, atau yang lainnya kalian bisa mengecasnya dengan Powerbank.

Proses charging menggunakan Powerbank sangatlah bervariasi. Tergantung dari jenis dan type Powerbank yang digunakan. Oleh sebab itu sebenarnya melakukan charging menggunakan Powerbank tidak terlalu baik bagi kesehatan baterai.

Kalian perlu tau kekurangan dan bahaya Powerbank saat digunakan untuk mengecas sebuah HP. Walaupun kurang baik untuk mengecas HP, tetapi Powerbank saat baik untuk mengecas barang elektronik yang memiliki baterai dengan daya kecil seperti senter dan Smartwatch.

Untuk tau kekurangan mengecas HP dengan Powerbank kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Karena saya akan menjelaskan beberapa kekurangan dan efek jika kalian terlalu sering menggunakan Powerbank untuk mengisi daya baterai HP.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel terkait lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi tiba-tiba Powerbank tidak mau menyala serta apa yang dimaksud dengan Sobat Powerbank.

Kekurangan Charging HP Menggunakan Powerbank


1. Arus Tidak Stabil


Karena Powerbank juga menggunakan sebuah baterai layaknya sebuah HP dan Laptop maka arus yang akan diterima tidaklah stabil. Jika kalian sering mengecas HP di Komputer atau di Laptop pasti kalian tau.

Proses pengisian sangatlah lambat. Bukan karena tegangannya kurang, akan tetapi arus yang dikeluarkan oleh Powerbank tidak stabil tidak seperti arus listrik bolak balik. Oleh sebab itu gunakan Powerbank yang bagus jika kalian ingin memiliki Powerbank untuk mengecas HP yang kalian miliki.

2. Tegangan Kurang Tinggi


Salah satu masalah saat mengecas menggunakan Powerbank ialah proses pengecasan akan lebih lama. Sebagus-bagusnya Powerbank tetap saja kalah dengan listrik AC yang ada di Stop Kontak.

Ini sebenarnya tidak merusak baterai sebuah HP. Hanya saja karena proses pengecasannya lama dan pengguna tidak sabar untuk memainkan HP maka proses pengecasan sambil perangkat dimainkan itulah yang tidak baik.

3. Kualitas Powerbank Kurang Baik atau Buruk


Yang terakhir karena terlalu banyak Powerbank yang kualitasnya pas-pasan hingga buruk. Karena tergiur dengan mAh yang besar banyak pengguna yang membeli Powerbank dengan harga yang murah tapi tidak real capacity.

Untuk mendapatkan Powerbank yang bagus kalian bisa membeli merek Powerbank di beberapa brand terkenal. Selain itu pastikan juga produk yang kalian beli original bukan produk KW atau palsu.

Nah itu dia beberapa kekurangan Powerbank, untuk efek di baterai bisa kalian simpulkan sendiri. Salah satu efek nya yaitu baterai menjadi aus dan kesehatan baterai atau battery health bisa turun.

Cukup sekian pembahasan saya kali ini, dari pada kelebihannya kekurangan Powerbank jauh lebih banyak. Oleh karena itu saya tidak pernah melakukan charging HP yang saya miliki menggunakan sebuah Powerbank.

Bagaimana cara cek kesehatan baterai di Android? kalian bisa menggunakan aplikasi Accu Battery untuk cek battery health di perangkat Android yang kalian miliki. Yang jelas itu hanya sekedar angka saja, jika baterai di HP kalian masih awet kemungkinan baterai di HP yang kalian miliki masih bagus.


EmoticonEmoticon