Penyebab dan Solusi Powerbank Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba Saat Digunakan

Penyebab dan Solusi Powerbank Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba Saat Digunakan

KEPOINDONESIA.id - PowerBank merupakan salah satu benda yang saya kira wajib dimiliki oleh semua pemilik smartphone untuk saat ini. Seperti yang kita ketahui, bawah daya baterai ponsel pintar tidak seperti HP-HP jaman dahulu yang belum menggunakan sistem operasi. Namun tidak jarang juga power bank mati sendiri saat digunakan.

Hal seperti ini pernah saya alami, malah sering terjadi waktu saya masih sering menggunakan power bank sebagai cadangan baterai untuk HP Android yang saya gunakan sehari-hari. Jadi powerbank mati saat digunakan untuk mengecas HP Android saya, padahal indikatornya masih penuh.

Awal-awalnya saya berfikir, apa powerbank ini mati total? padahal beberapa menit yang lalu saya cek indikator persentase daya powerbank nya masih penuh, kok tiba-tiba mati sendiri dan tidak mau menyala. Lalu saya sempat berfikir apa power bank ini sudah drop baterainya?

Ternyata bukan, jadi powerbank saya itu masih normal dan belum rusak ataupun ngedrop. Jadi saya tidak jadi untuk mencari cara untuk memperbaiki powerbank yang ngedrop. Ada 2 faktor yang bisa menyebabkan powerbank mati sendiri dan tidak bisa digunakan lagi pada saat mengecas HP.

Ini bukan faktor internal, jadi powerbank kita sebenarnya masih normal-normal saja. Jadi kalian jangan berfikir untuk memperbaiki powerbank terlebih dahulu jika sering mengalami hal seperti itu.

Jadi jika powerbank dibuat ngecas HP malah mati, itu ada 2 faktor penyebabnya. Namun sebelum saya jelaskan ke-2 faktor tersebut, kalian bisa baca terlebih dahulu cara cek nomor rekening tahapan Xpresi dan cara melihat SOT pada Android.

Penyebab PowerBank Mati dan Tidak Bisa Nyala Saat Digunakan


1. Kabel Data Tidak Cocok


Penyebab dan faktor pertama yang perlu kalian ketahui ialah kabel data tidak cocok. Saya jamin, jika kabel data tidak cocok powerbank kalian tidak akan bekerja secara maksimal. Jika bisa untuk ngecas maka powerbank akan terasa sangat panas, mungkin saja akan mati seperti yang saya jelaskan tadi.

Hal ini sering saya alami, jadi baru digunakan sekitar 5 menit dan powerbank masih penuh tapi tiba-tiba mati dan tidak bisa digunakan untuk ngecas HP lagi. Di tekan-tekan untuk dinyalakan pun juga tidak bisa.

Nah untuk menyalakan powerbank yang mati secara tiba-tiba ini kalian hanya perlu memberikan arus listrik kepada powerbank itu. Baik lewat powerbank lain ataupun dari arus listrik rumahan dengan di charger seperti biasanya.

Jadi pastikan kalian menggunakan kabel data yang cocok, masih normal dan jika bisa sediakan kabel data tersendiri untuk powerbank tersebut.

2. Perangkat Tidak Cocok


Penyebab berikutnya yaitu karena perangkat atau HP kita tidak cocok dengan powerbank nya. Tidak cocok nya sebagai berikut, jika untuk ngecas HP A powerbank bisa digunakan sampai HP A tersebut penuh, jika digunakan pada HP B belum sampai 5 menit powerbank akan mati padahal menggunakan kabel data yang sama.

Jadi pengalaman saya, jika sudah tidak cocok walaupun ganti kabel data powerbank tetap akan mati jika untuk ngecas perangkat atau device tersebut, walaupun untuk mengecas perangkat lain normal-normal saja sampai daya powerbank nya habis sekalipun.

Jadi jika sangat butuh sekali powerbank untuk HP yang menyebabkan powerbank sebelumnya mati, alangkah baiknya jika kalian memilik uang lebih beli saja powerbank lagi yang kualitasnya lebih bagus.

Nah mungkin itu saja penyebab powerbank yang tiba-tiba mati saat digunakan. Jika di cas atau di charger powerbank masih masuk dan nyala berarti powerbank kalian masih normal dan belum rusak.

Jadi jika power bank tidak bisa mengisi ke HP belum tentu powerbanknya rusak, mungkin saja kabel datanya tidak cocok atau HP nya yang tidak cocok untuk di cas lewat powerbank. Jika di cas lampu powerbank masih berkedip itu tandanya powerbank masih normal.

Selain itu jika HP kalian di cas lama, mungkin saja yang terbaca pengisian USB bukan pengisian AC. Karena jika pengisian USB arus yang masuk akan lebih sedikit dari pada pengisian AC, ini sering terjadi jika kabel datanya sudah jelek.


EmoticonEmoticon