Penyebab Aplikasi Tidak Mendukung Layar Terpisah atau Split Screen

Penyebab Aplikasi Tidak Mendukung Layar Terpisah atau Split Screen

KEPOINDONESIA.id - Mode Split Screen atau Layar Terpisah adalah salah satu mode yang cukup membantu bagi sebagian orang pengguna Android. Karena kita dapat membagi layar menjadi dua bagian untuk membuka 2 aplikasi sekaligus.

Bukan hanya membuka saja karena kedua aplikasi akan tampil di satu layar. Split Screen atau Layar Terpisah membagi layar menjadi dua bagian. Antara bagian atas layar dan bawah layar. Pengguna dapat mengatur aplikasi mana yang ingin di buka di bagian atas atau di bagian bawah.

Rata-rata untuk aplikasi yang dibuka pertama kali akan berada di bagian atas. Sedangkan aplikasi yang dibuka setelah aplikasi yang pertama akan berada di bagian bawah. Selain itu pengguna juga bisa mengatur lebar antara layar aplikasi tidak harus dibagi sama rata.

Nah yang menjadi masalah yaitu saat ingin menggunakan mode ini terkadang ada peringatan aplikasi tidak mendukung layar terpisah atau aplikasi tidak mendukung split screen. Jika aplikasi tidak mendukung maka membagi layar menjadi dua bagian tidak bisa dilakukan.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? atau bagaimana kita tau aplikasi mana yang tidak mendukung mode layar terpisah atau split Screen? Untuk tau semuanya kalian bisa baca artikel yang akan saya bahas kali ini sampai selesai.

Dan sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang mungkin bermanfaat bagi kalian. Seperti apa itu buat salinan di aplikasi Kinemaster serta cara mengatasi KaiStore tidak bisa dibuka.

Penyebab Tidak Bisa Menggunakan Split Screen


1. Aplikasi Tidak Mendukung Layar Terpisah


Yang pertama yaitu aplikasi tidak mendukung layar terpisah atau split screen. Tepatnya aplikasi yang sedang kalian buka sekarang tidak mendukung fitur ini. Walaupun kalian buka pertama kali jika tidak mendukung fitur split screen maka tidak ada yang bisa kalian lakukan.

Beberapa aplikasi yang tidak mendukung split screen atau mode layar terpisah adalah aplikasi sederhana yang jarang mendapatkan pembaruan. Sedangkan aplikasi yang populer seperti aplikasi media sosial, browser, atau aplikasi pengirim pesan kemungkinan bisa semua.

2. Aplikasi Kedua Tidak Mendukung


Masalah berikutnya aplikasi yang ingin kalian buka bersamaan dengan aplikasi yang pertama. Misalnya aplikasi pertama sudah berhasil kalian split dan mengecil di bagian atas lalu ingin membuka aplikasi yang kedua.

Setelah kalian mencoba ternyata aplikasi yang kedua tidak mendukung layar terpisah. Jika sudah seperti ini sama seperti tadi tidak ada hal yang bisa kalian lakukan. Kalian wajib mencari aplikasi lainnya yang mendukung split screen.

3. Aktifkan Pengubahan Ukuran Aplikasi


Solusi yang terakhir yaitu khusus pengguna Xiaomi. Untuk HP Android selain Xiaomi seperti Samsung, Oppo, Vivo, atau Nokia saya tidak tau apakah ada fitur ini atau tidak. Jadi langkah pertama silakan kalian masuk ke Opsi pengembang.

Setelah di Opsi pengembang silakan kalian aktifkan opsi Paksa aktifitas untuk bisa diubah ukuranya. Setelah itu jika perlu lakukan reboot perangkat. Jika sudah semua aplikasi yang terinstall pasti bisa mengunakan split screen atau layar terpisah.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi aplikasi tidak mendukung mode split screen. Fitur split screen atau layar terpisah memang sangat membantu khususnya bagi kalian yang sering memindahkan data dari satu aplikasi ke aplikasi yang lainnya.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian perlu tau penyebab Bluetooth sering aktif sendiri. Ada beberapa fitur di Android terbaru yang membuat Bluetooth aktif sendiri supaya fitur keamanan bisa berjalan dengan semestinya.


EmoticonEmoticon