Istilah-Istilah Yang Sering Digunakan Dalam Memancing Yang Perlu Diketahui

Istilah-Istilah Yang Sering Digunakan Dalam Memancing Yang Perlu Diketahui

KEPOINDONESIA.id - Hobi Mancing atau Memancing bagi sebagian orang merupakan hobi yang tidak menarik. Namun bagi saya dan beberapa orang yang sangat hobi memancing kita bisa menghabiskan waktu 6 sampai 12 jam hanya untuk memancing saja.

Namun semakin sibuk kita bekerja maka saran saya memancing hanya dilakukan saat waktu luang saja karena ini hanya sekedar hobi. 1 minggu sekali memancing sudah lebih dari cukup bagi orang yang memiliki hobi memancing.

Alat dan bahan untuk memancing terbilang murah meriah tergantung kemauan dan kemampuan kita. Modal tidak lebih dari 10 ribu kita bisa mendapatkan alat pancing yang sederhana. Selain alat ada juga istilah-istilah dalam memancing yang membuat memancing ini merupakan hobi yang menyenangkan.

Jika kalian sering menonton acara memancing di televisi pasti tidak asing dengan istilah Strike. Selain strike masih banyak istilah-istilah lainnya yang ada di Kamus Mancing. Maka dari itu kali ini saya akan memberikan beberapa contoh istilah dalam kamus memancing yang populer.

Namun sebelum kita lanjut ke pembahasan istilah memancing kalian bisa baca beberapa artikel tentang memancing yang sudah pernah saya bahas. Seperti umpan mancing belut yang jitu dan dijamin dimakan serta umpan ikan Betok supaya cepat disambar.

Istilah Dalam Kamus Mancing


Strike


Strike ini memiliki arti umpan sudah menancap dimulut ikan atau umpan sudah disambar oleh ikan.

Casting


Casting merupakan teknik yang biasanya dilakukan di pinggir laut, pantai, bebatuan, ataupun dermaga dengan menggunakan joran yang lentur dengan panjang mulai dari 150 cm sampai 172 cm menggunakan umpan tiruan dan lemparan tidak terlalu jauh antara 20 meter sampai 30 meter.

Surf Casting


Teknik ini menggunakan joran yang cukup panjang sekitar 4 meter lebih. Reel yang digunakan biasanya cukup besar dengan model spinning kelas 4000 keatas. Di daerah Yogyakarta teknik ini disebut teknik Pasiran.

Rock Casting


Hampir sama seperti Surf Casting tetapi Rock Casting dilakukan diatas batu karang atau pinggir laut yang curam untuk mencari target tertentu.

Popping


Teknik ini sebenarnya termasuk dalam Casting namun menggunakan joran yang cukup panjang. Teknik ini khusus menggunakan umpan buatan seperti Chugger yang jika disentakkan dalam air dalam kondisi mengapung akan berbunyi "pop pop pop" yang bunyi itu menjadi asal dari kata Popper.

Spot


Spot bisa diartikan sebagai tempat dimana ada ikannya. Mudahnya yaitu tempat dimana kita bisa memancing.

Nah mungkin itu dia beberapa istilah dalam dunia memancing yang cukup populer. Sebenarnya banyak sekali istilah-istilah mancing dalam kamus mancing yang perlu kalian ketahui, namun saya rasa yang populer dan yang sering kita dengar hanya itu saja.

Ada juga Boncong yang dalam dunia memancing artinya orang yang tidak mendapatkan ikan sama sekali dan Babon yang artinya induk ikan atau ikan terbesar dalam kolam jika kalian sering memancing di pemancingan.


EmoticonEmoticon