Ternyata Sekoteng dan Wedang Ronde Berbeda

Ternyata Sekoteng dan Wedang Ronde Berbeda

KEPOINDONESIA.id - Wedang Ronde, bagi kalian yang tinggal di jawa pasti sudah tidak asing dengan minuman atau wedang ini. Saat malam hari wedang ronde sangat mudah ditemui di tempat-tempat yang ramai seperti di pusat kota atau di alun-alun.

Selain wedang ronde ternyata ada minuman atau kuliner yang hampir sama seperti wedang ronde yaitu Sekoteng. Di jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur mungkin kalian akan jarang menemukan yang namanya sekoteng.

Karena memang di jawa khususnya Jateng dan Jatim lebih populer wedang ronde. Sedangkan sekoteng lebih populer di Jawa Barat dan daerah DKI Jakarta. Yang menjadi pertanyaan keduanya sama atau berbeda?

Sekilas memang mirip-mirip hanya saja namanya yang berbeda. Untuk tau lebih jelasnya langsung saja saya jelaskan perbedaan antara ronde dan sekoteng. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan rasa original serta manfaat air es bagi kesehatan.

Perbedaan Ronde dan Sekoteng paling terlihat di isiannya. Karena untuk kuah atau wedangnya sama sama menggunakan kuah jahe dengan tambahan gula pasir atau gula jawa. Selain itu penggunaan kacang tanah sama sama ada di wedang ronde dan sekoteng.

Nah pada isiannya ada yang sedikit berbeda. Pada sekoteng terdapat mutiara, roti tawar dan potongan kulit jeruk. Selain ketiga komponen tadi wedang ronde dan sekoteng sama saja alias tidak ada perbedaannya.

Seperti yang kalian tau wedang ronde pasti ada ronde dan kolang kaling. Tidak ada perbedaan yang jauh antara keduanya. Manfaatnya juga sama untuk menghangatkan tubuh selain susu jahe yang sering ditemui di angkringan.

Yang perlu kalian ketahui tentu saja tiap penjual, tiap daerah memiliki wedang ronde dan sekoteng yang berbeda. Yang pasti jika ada tambahan mutiara sudah bisa disebut sebagai sekoteng. Sedangkan jika tidak ada mutiara namun ada rotinya saya rasa masih mirip dengan wedang ronde.


EmoticonEmoticon