Rabu, 17 Oktober 2018

Manfaat Dari Air Es atau Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi dinginnya es batu

KEPOINDONESIA.id - Banyak yang berpendapat hal-hal yang berbau dingin adalah sumber penyakit. Ada yang berpendapat minun air dingin dapat membuat gemuk, minum air dingin dapat membuat kurus, dan yang umum adalah minum minuman dingin akan menimbulkan penyakit seperti batuk dan pilek.

Semua hal pasti ada yang memberikan efek buruk dan ada juga efek baik dari hal itu. Berikut ini adalah manfaat dari air es atau air dingin yang mungkin kalian belum ketahui.

1. Air dingin membakar kalori

Jika kalian melompat ke dalam pancuran air dingin, tubuh kalian pasti akan langsung bekerja untuk mengembalikannya ke suhu normal. Ini karena metabolisme dalam tubuh kalian dapat meningkat hingga 550 persen setelah terkena air dingin secara tiba-tiba.

Minum air dingin diduga juga memiliki efek yang sama, jadi jika kalian tidak ingin berada di bawah air dalam kondisi yang dingin, setidaknya cobalah untuk mengonsumsinya air dingin saat ingin berenang.

2. Air dingin dapat mencerahkan kulit dan mengkilaukan rambut

Jika air panas mengupas kulit kalian dari minyak esensial, tetapi air dingin justru sebaliknya. Ini dapat mencerahkan kulit dengan mendorong darah untuk menuju ke permukaan kulit.

Air dingin juga dapat mengkilaukan rambut kalian. Ini sangat cocok bagi para wanita. Dibutuhkan nyali yang besar untuk mencuci rambut dengan air dingin. Air dingin membuat kulit rambut kalian lebih rata, dan ini akan menyebabkan memantulnya lebih banyak cahaya.

3. Air dingin memiliki efek membangunkan

Air dingin mengaktifkan sensor dingin tepat di bawah kulit kita, yang kemudian meningkatkan detak jantung kita dan menambah lonjakan adrenalin untuk memberi perasaan gelisah.

4. Air dingin dapat membuat bahagia

Es krim terbukti secara ilmiah, oleh ahli saraf di Institute of Psychiatry di London, untuk membuat orang senang. Hawa dingin dari es krim memicu korteks orbitofrontal otak.

5. Air dingin dapat mengurangi rasa sakit

Adrenalin tidak hanya membuat kalian merasa lebih hidup, itu juga yang membuat kalian merasa lebih mudah merasakan rasa sakit dengan secara cerdik mengalihkan perhatian otak kita dari rasa sakit yang mengganggu.


6. Air dingin meningkatkan sistem kekebalan

Teori ini didukung oleh para ilmuwan asal Ceko yang menemukan bahwa mereka yang membenamkan diri dalam air dingin tiga kali seminggu memiliki tingkat sel darah putih yang jauh lebih tinggi (orang-orang yang melawan infeksi) daripada mereka yang tidak.


EmoticonEmoticon