Pengertian dan Perbedaan Antara Daring dan Luring

Pengertian dan Perbedaan Antara Daring dan Luring

KEPOINDONESIA.id - Mungkin awalnya kalian sudah tau apa yang disebut dengan Daring. Tetapi beberapa bulan ini kalian sangat sering mendengar istilah Daring yang muncul setiap hari. Selain itu ada istilah baru yang mungkin baru kalian dengar yaitu Luring.

Seperti yang kita tahu kini hampir semua aktivitas dilakukan secara daring dari jarak jauh tanpa ada tatap muka dan pertemuan. Mulai dari aktivitas belajar mengajar sampai aktivitas bekerja.

Walaupun tidak semua aktivitas bekerja bisa dilakukan secara daring, tetapi semua yang bisa dilakukan secara daring memang dihimbau untuk dilakukan secara daring tanpa ada tatap muka secara langsung.

Yang menjadi pertanyaan ialah, apa yang disebut dengan Daring dan Luring? Untuk Daring saya yakin sudah banyak yang tau karena sudah hampir 6 bulan istilah ini kalian dengar setiap harinya. Sedangkan Luring apa itu?.

Untuk itu kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang pengertian Daring dan Luring. Selain pengertiannya jika ada perbedaan antara keduanya maka akan saya bahas juga. Saya yakin kalian sebenarnya sudah tau dan sering kalian dengar.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai kedua istilah tadi kalian bisa baca beberapa pembahasan lainnya yang mungkin menarik bagi kalian. Seperti perbedaan antara Award dan Reward serta apa yang dimaksud dengan no respon dan slow respon.

Daring adalah singkatan dari Dalam Jaringan, pengganti kata Online. Seperti yang kalian ketahui kata Online bukan bahasa yang baku tetapi sudah melekat sekali di otak kita. Oleh karena itu sudah sejak lama kata Online diganti dengan kata yang lebih baku yaitu Daring.

Apa saja yang bisa di golongkan dalam aktivitas Daring? Sebuah aktivitas bisa di golongkan sebagai aktivitas secara Daring jika dilakukan secara Online. Syarat supaya Daring atau Online yaitu membutuhkan koneksi internet.

Sedangkan Luring apa itu? Kembalikannya dari Daring, Luring adalah Luar Jaringan yang digunakan sebagai kata ganti Offline. Sejak kata Daring mulai digunakan sebagai kata ganti Online memang kata tersebut sering saya dengarkan.

Tetapi untuk Luring baru saja saya dengar dan saya tertarik untuk membahasnya. Semua aktivitas yang tidak membutuhkan koneksi internet bisa dikategorikan sebagai aktivitas Luring termasuk berkomunikasi lewat SMS atau mengoperasikan Microsoft Word tanpa terhubung ke jaringan internet.

Singkatnya apapun yang terhubung ke jaringan internet kegiatan tersebut sudah bisa dibilang sebagai Daring. Sedangkan menggunakan Komputer dan Laptop tanpa terhubung ke jaringan internet termasuk Luring walaupun bisa terhubung ke jaringan internet jika dihubungkan.

Selama belum terhubung ke jaringan internet menggunakan komputer dan laptop masih dapat dikategorikan sebagai aktivitas Luring. Itu dia sedikit penjelasan saya mengenai Daring dan Luring semoga artikel ini membantu kalian yang membutuhkan.


EmoticonEmoticon