4 Penyebab Video di Facebook Buram dan Kualitasnya Jelek

4 Penyebab Video di Facebook Buram dan Kualitasnya Jelek

KEPOINDONESIA.id - Saya tidak heran jika kita mengunggah foto dan video ke sosial media pasti kualitas dari foto dan video yang kita unggah tadi akan sedikit berkurang. Ini karena saat proses upload file akan di kompres supaya ukurannya lebih sedikit.

Sebagai contoh di Facebook, jika kalian mengunggah video beresolusi 480p sebenarnya resolusi tersebut tetap menjadi 480p dan tidak akan berkurang. Tetapi terkadang banyak yang mengeluhkan video di Facebook buram padahal video tersebut memiliki resolusi yang tinggi.

Kalian pasti pernah melihat video yang memiliki kualitas HD akan lebih nyaman di tonton dari pada video yang kualitasnya kurang bagus atau bukan HD. Sebagai contoh jika kalian menonton video lewat aplikasi Lite atau Facebook Lite.

Di aplikasi Lite kalian tidak akan bisa memilih resolusi karena resolusi yang digunakan pada Lite yaitu 240p atau 340p, yang jelas bukan 480p. Singkatnya video dengan kualitas 1080p sekalipun jika di tonton lewat aplikasi Lite pasti akan menjadi buram dan kualitasnya akan turun.

Oleh karena itu kalian tidak usah heran jika kualitas video di FB Lite kurang bagus. Selain itu ada banyak penyebab yang bisa menyebabkan kualitas video di FB menjadi jelek selain karena menonton lewat FB Lite.

Untuk lebih jelas mengenai hal tersebut kalian bisa simak beberapa faktor yang bisa membuat video buram di Facebook. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara melaporkan akun Facebook palsu serta cara membuat peristiwa penting di Facebook.

Penyebab Video di Facebook Buram dan Jelek


1. Diputar Lewat FB Lite


Seperti yang sudah saya katakan tadi, video dengan kualitas apapun jika di putar lewat aplikasi Lite maka kualitasnya akan dikunci maksimal di 240p atau 360p. Oleh karena itu video akan tambah jelek dan buram.

Video akan lebih buram lagi jika orang yang mengunggah video tadi mengupload nya lewat Lite juga. Karena di Lite proses kompres nya lebih banyak dari pada aplikasi Facebook Seluler atau Facebook tampilan desktop.

2. Menonton Lewat Mbasic Facebook


Selain karena Lite, jika kalian menonton video di Facebook lewat mbasic.facebook.com maka video yang akan kalian lihat sama persis seperti di FB Lite. Karena di mbasic Facebook kalian tidak bisa mengatur kualitas video yang ada.

Supaya kalian bisa mengatur kualitas video yang ada di Facebook kalian lebih baik menonton video yang ada di FB lewat Facebook Seluler, lewat web Facebook tampilan Mobile serta web Facebook tampilan desktop.

3. Video Hasil Download


Jika kalian mengunduh video dari Facebook kemungkinan besar hasil unduhan video yang akan kalian dapatkan bukan resolusi asli dari video tersebut. Terkadang lebih baik dari pada menonton video secara langsung lewat FB Lite atau mbasic Facebook.

Tetapi tetap saja kualitasnya tidak maksimal seperti saat menonton langsung lewat Facebook Seluler atau lewat Facebook desktop. Ada cara supaya download video di Facebook kualitasnya menjadi HD, tetapi tidak akan saya bahas kali ini.

4. Kualitas Asli Video Sudah Jelek


Penyebab terakhir yaitu karena kualitas video sudah jelek atau buram. Sebagai contoh saya mengunggah video lucu buatan 5 tahun yang lalu dan kualitas videonya hanya 240p saja. Jika kalian menonton lewat Facebook Seluler sekalipun dengan fitur setting video quality maka resolusi maksimal yang akan muncul tetap 240p.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan video di Facebook buram. Selain video, foto yang di unggah ke Facebook juga akan mengalami pengurangan kualitas yang cukup banyak. Walaupun jika dilihat secara sekilas tidak terlalu terlihat.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian yang bingung kenapa video yang ada di Facebook jika di tonton buram alias tidak jernih. Selain itu bagi kalian yang tidak tau cara melihat daftar teman di Lite kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon