Cara Pin Folder di File Explorer ke Quick Access

Cara Pin Folder di File Explorer ke Quick Access

KEPOINDONESIA.id - Untuk mengelola file pengguna PC dan laptop Windows pasti menggunakan File Explorer. Karena memang File Explorer merupakan aplikasi default yang disematkan sebagai aplikasi pengelola file untuk mengelola data di Windows.

File Explorer jika dibandingkan dengan File Manager yang ada di HP Android sangat jauh sekali, karena banyaknya fitur yang ada. Bahkan jika di compare dengan aplikasi File yang ada di macOS, File Explorer ini jauh lebih banyak fitur.

Walaupun begitu File yang ada di macOS sudah lebih dari cukup dan memang tidak serumit aplikasi Windows. Kembali ke topik, saat mengakses File Explorer kalian pasti akan melihat folder yang disematkan di Quick Access atau Akses Cepat.

Folder-folder yang disematkan atau di pin tadi salah satunya folder Desktop, Download, Document, dan Pictues. Itu secara defaultnya, apakah kalian bisa mengedit dan menambahkan folder bagi di bagian Quick Access?.

Tentu saja bisa, untuk tau caranya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai cara mengetahui ukuran sebuah folder yang ada di Windows serta cara mencari file, data, dan folder dengan cepat dengan pencarian File Explorer.

Cara Mengedit dan Menambah Folder ke Akses Cepat File Explorer


1. Silakan kamu cari folder yang ingin kamu pin atau sematkan ke Quick Access atau Akses Cepat

Silakan kamu cari folder yang ingin kamu pin atau sematkan ke Quick Access atau Akses Cepat

2. Klik kanan mouse lalu pilih Pin to Quick access

Klik kanan mouse lalu pilih Pin to Quick access

3. Kalian juga bisa edit atau menghapus pin yang sudah disematkan ke folder

Kalian juga bisa edit atau menghapus pin yang sudah disematkan ke folder

4. Klik kanan lalu pilih Unpin from Quick Access

Klik kanan lalu pilih Unpin from Quick Access

Mudah sekali bukan, jadi folder yang ada di Akses Cepat atau Quick Access bisa kalian ganti sesuai dengan keinginan kalian. Khususnya untuk folder yang sering kalian akses karena di dalam folder tersebut ada banyak data kalian. 

Apa ini permanen? jawabannya iya kecuali kalian unpin atau install ulang. Folder yang kalian sendiri akan terus di pin di Quick Access dan tetap ada. Saya kurang tau berapa folder yang dapat di pin tetapi kalian bisa coba sendiri sebanyaknya. 

Sekian pembahasan saya mengenai Akses Cepat atau Quick Access yang ada di File Explorer. Sebelum saya akhiri kalian perlu tau apa yang dimaksud dengan emulated/0 dan storage. Setidaknya kalian pernah melihat sekali tulisan tersebut saat menggunakan HP Android. 


EmoticonEmoticon