Ini Dia Perbedaan Jurusan TKJ, RPL, dan Multimedia

Ini Dia Perbedaan Jurusan TKJ, RPL, dan Multimedia

KEPOINDONESIA.id - Memilih jurusan pada saat ingin masuk SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) bagi siswa SMP biasanya dianggap remeh. Banyak siswa yang baru lulus SMP asal memilih ingin mau masuk SMA (Sekolah Menengah Atas) atau SMK.

Memilih ingin masuk SMK atau SMA saja sudah asal-asalan ditambah lagi setelah benar-benar ingin masuk di SMK memilih jurusannya pun juga asal-asalan. Walaupun di beberapa kasus masalah ini tidak terlalu berakibat karena rata-rata banyak siswa yang dapat beradaptasi.

Selain asal-asalan, ada juga yang ingin memilih sekolah atau jurusan hanya ikut-ikut teman satu kampung, kelompok, atau teman akrab. Ini juga sering terjadi sampai ada istilah yang namanya "Salah Jurusan". Tidak hanya salah jurusan, kasus tidak bisa membedakan jurusan pun sering terjadi.

Seperti jika ingin masuk jurusan otomotif tapi di sekolah tersebut ada 2 jurusan yaitu TKR (Teknik Kendaraan Ringan) dan TSM (Teknik Sepeda Motor). Karena tidak tau apa itu TSM dan TKR, banyak calon siswa yang memilih secara asal saja.

Ada juga yang sangat ingin masuk ke jurusan tentang teknologi dan dihadapi oleh 3 pilihan yaitu TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), dan MM (Multimedia). Bagi siswa yang baru lulus SMP dan minim pengetahuan mengenai hal tersebut pasti akan bingung.

Yang jadi perbedaan antara TKJ, RPL, dan MM apa sih? Jelas, dari namanya saja juga berbeda pasti materi nya juga berbeda. Umumnya TKJ vs RPL yang sering ditanyakan, seperti bagusan TKJ atau RPL kedepannya dalam peluang kerja?

Sedangkan untuk jurusan Multimedia jarang sekali yang menanyakan hal tersebut. Kelebihan dan kekurangan jurusan Multimedia pasti ada, namun tidak terlalu populer seperti Teknik Komputer dan Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Yang menjadi pertanyaan, apa berbedaan antara 3 jurusan tadi? Jika kalian ingin tau perbedaan antara RPL, TKJ, dan MM kalian bisa simak artikel ini sampai selesai. Namun sebelum kita lanjut kalian bisa baca cara meminta legalisir ke sekolah lama dan contoh dari transkrip nilai kita.

Perbedaan TKJ, RPL, dan MM


Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)


Jurusan TKJ adalah jurusan yang khusus mempelajari tentang cara-cara merakit Komputer serta menginstal program-program seperti software dan sistem operasi. Selain software kita juga dituntun untuk bisa merakit hardware seperti komponen CPU.

Ilmu yang kita dapatkan dari TKJ bisa untuk membuka usaha sendiri tanpa harus kerja ke orang lain jika tetap ingin bekerja pada bidang yang serupa. Jurusan ini cocok sekali bagi kalian-kalian yang memang paham mengenai teknologi informasi dan komputer.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)


Pada jurusan RPL kita akan diberi materi mengenai cara pembuatan software, singkatnya kita dilatih untuk menjadi developer aplikasi. Banyak kasus tidak paham dengan materi-materi yang telah diberikan sehingga dalam dunia kerja tidak bekerja pada bidang yang sudah dipelajari.

Untuk bisa mendapatkan ilmu yang lebih, memang untuk materi yang diberikan di sekolah masih kurang cukup. Jika memang ingin melatih skill dan kemampuan sangat disarankan untuk lanjut ke universitas atau kursus untuk menjadi developer aplikasi.

Multimedia (MM)


Bila kalian masuk ke jurusan Multimedia maka bidang dan materi yang kalian akan terima mengenai keterampilan tentang karya-karya media seperti membuat film, animasi, serta desain grafis. Jurusan ini cocok sekali bagi kalian yang ingin menjadi YouTuber.

Karena kita akan mempelajari video shooting yang baik dan benar. Dan jika sudah masuk dunia kerja, lulusan MM bisa membuka jasa atau usaha sendiri karena jurusan ini cukup mudah. Karena jika kita pandai penghasilan kerja sendiri bisa lebih banyak dari pada jika kita bekerja dengan orang.

Nah itu dia perbedaan antara jurusan RPL, TKJ, dan MM. Tiap jurusan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masih-masing. Untuk mengetahui bagus atau tidaknya bagi kalian? Silakan dipikir sendiri dan cari apa yang bisa kalian lakukan.

Jika di SMK wajib hukumnya untuk melakukan prakerin. Jadi kalian harus tau cara meminta ijin ke tempat prakerin supaya kita bisa PKL di sana. Kadang ada siswa yang salah meminta ijin sehingga ditolak oleh tempat yang seharusnya menerima siswa prakerin.


EmoticonEmoticon