Biaya Servis Injeksi Sepeda Motor di Bengkel Resmi Masing-Masing

Biaya Servis Injeksi Sepeda Motor di Bengkel Resmi Masing-Masing

KEPOINDONESIA.id - Sepeda motor dengan teknologi injeksi sudah banyak beredar di Indonesia. Hingga sekarang semua kendaraan baru sudah menggunakan teknologi ini. Mungkin bagi beberapa orang injeksi sedikit riskan atau istilahnya gampang rusak. 

Tetapi nyatanya tidak, injeksi menggantikan peran karburator sebagai penyuplai bahan bakar yang terintegrasi langsung dengan kelistrikan yang ada di sepeda motor. Dengan adanya injeksi penggunaan bahan bakar akan lebih hemat serta lebih efisien. 

Jika karburator bisa di servis kapan saja, lalu kapan injeksi dapat di servis? Karena saat melakukan servis sepeda motor ternyata komponen injeksi tidak termasuk komponen yang di servis secara rutin. 

Berbeda dengan karburator. Karena di motor yang menggunakan karburator pasti saat di servis komponen karburator akan di cek atau dibongkar untuk memastikan karburator berfungsi dengan baik. 

Jika injeksi tidak termasuk dalam servis rutin, lalu kapan injeksi minta di servis? Untuk tau kapan injeksi perlu di servis serta berapa biaya servis injeksi sepeda motor kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. 

Namun sebelum lanjut bagi kalian yang belum tau tentang fungsi Android Auto dan Apple CarPlay kalian bisa simak penjelasan saya pada artikel yang sudah pernah saya bahas. Sedangkan bagi kalian yang belum tau letak nomor rangka kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas juga. 

Nah jadi kapan injeksi bisa di servis? Injeksi pada sepeda motor bisa di servis setiap 10.000 KM sekali. Singkatnya setiap kelipatan 10 rb KM kalian bisa melakukan servis injeksi di bengkel resmi yang biasanya kalian datangi. 

Untuk biaya, berapa biayanya? Untuk servis injeksi tidak seperti servis karburator. Karena mekanik hanya perlu menyemprotkan fuel injector cleaner serta mengukur injection pressure

Untuk biaya spare part Fuel Injector Cleaner harganya beragam, tetapi untuk Yamalube Injector Cleaner dijual dengan harga Rp. 44.000. Sedangkan untuk pengetesan tekanan injector memakan biaya Rp. 15.000.

Jadi jika di total biaya servis injeksi tidak lebih dari Rp. 60.000. Pada kasus ini motor yang saya miliki dari Yamaha bukan Honda dan termasuk motor bebek. Mungkin motor yang memiliki cc lebih besar harganya jauh berbeda. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang penasaran tentang biasa servis injeksi. Servis injeksi hanya mengukur tekanan dari injector serta memberikan cairan pembersih supaya injector tidak macet atau semburan tidak sempurna.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri apabila kalian belum tau perbedaan antara oli SPX dan MPX kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut. Keduanya merupakan oli dari resmi dari AHM yang diperuntukan untuk motor Honda. 


EmoticonEmoticon