Perbedaan Jurusan TKR dan TSM di SMK

Perbedaan Jurusan TKR dan TSM di SMK

KEPOINDONESIA.id - Mengambil jurusan yang ingin kita tempuh di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) tidak boleh sembarang. Harus benar-benar sesuai dengan keahlian dan keinginan kita dari hati sendiri. Tidak boleh asal, apalagi cuma ikut-ikut saja.

Saya sendiri pernah membahas perbedaan antara jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Multimedia. Jika kalian belum tau perbedaan antara ketiga jurusan tersebut, kalian bisa baca perbedaan TKJ, RPL, dan MM.

Selain ketiga jurusan tadi, ada 2 jurusan dalam teknik otomotif yang biasanya menyulitkan calon siswa. Yaitu jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Sepeda Motor (TSM). Banyak calon siswa SMK yang tidak tau apa itu TKR dan TSM.

Kedua jurusan tersebut memang masuk dalam teknik otomotif, namun materinya berbeda. Pasti banyak yang bertanya apa itu jurusan TKR, kepanjangan jurusan TKR apa, atau jurusan TSM kerja apa. Untuk soal urusan pekerjaan selain asal jurusan, nilai, dan skill siswa lah yang menentukan.

Namun memang bisa dibilang TKR bisa masuk ke semua bidang pekerjaan yang bisa dilakukan anak TSM. Namun anak TSM tidak bisa masuk di beberapa pekerjaan yang khusus untuk TKR. Maka dari itu kali ini saya akan sedikit mengulas tentang teknik TKR dan TSM.

Namun sebelum kita lanjut, kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti letak dari nomor Ijazah serta tanggal kelulusannya dan contoh kartu NISN yang sering hilang. Berikut penjelasan dan perbedaan antara TSM dan TKR.

TSM


Teknik Sepeda Motor atau yang sering disebut TSM adalah jurusan yang mempelajari kompetensi jasa service mekanik pada kendaraan bermotor beroda dua atau sepeda motor. Semua materi yang diberikan pasti berkaitan dengan sepeda motor.

Mulai pengenalan komponen-komponen yang ada di sepeda motor, mengetahui cara kerja sistem pembakaran, sampai melakukan service ringan dan service berat. Jadi jurusan ini khusus untuk pembahasan mengenai sepeda motor saja.

TKR


Teknik Kendaraan Ringan atau yang sering disebut TKR adalah jurusan yang mempelajari kompetensi mekanik untuk kendaraan roda empat atau mobil. Selain mobil, truk juga termasuk karena teknik ini bisa dibilang teknik untuk kendaraan-kendaraan seperti itu.

Untuk materi yang diberikan sama seperti TSM, namun berbeda sedikit. Karena untuk komponen dan cara kerja pada mobil dan motor pasti berbeda. Untuk kesulitan TKR lebih sulit dari pada TSM, itu menurut saya.

Itu dia sedikit ulasan mengenai TSM dan TKR. Untuk jurusan TKR kerja apa dan jurusan TSM kerja apa, itu semua tergantung kalian. Masuk jurusan TSM namun skill ada di TKJ pun tidak apa-apa, namanya jadi salah jurusan.

Dan bagi kalian yang sedang bingung mencari tempat PKL atau tempat prakerin, kalian wajib baca cara mencari tempat Prakerin untuk PKL. Karena terkadang mencari tempat prakerin ini tidak mudah, apalagi jika waktunya sangat mepet.


EmoticonEmoticon