Biaya Servis dan Ciri Konektor Charger HP Minta Ganti atau Rusak

Biaya Servis dan Ciri Konektor Charger HP Minta Ganti atau Rusak

KEPOINDONESIA.id - Masalah konektor charger yang rusak atau minta diganti tidak boleh dianggap remeh. Selain bisa membuat pengisian daya menjadi terganggu masalah ini bisa membuat baterai pada HP kita menjadi ikut rusak juga.

Seperti yang kalian tau jika ada yang tidak normal pada proses pengisian daya smartphone berarti ada yang tidak normal. Seperti proses charger tidak masuk, baterai tidak bertambah, proses pengisian daya lama, atau di charger tetapi baterai malah berkurang.

Yang pertama bisa kalian coba yaitu memeriksa dan mengganti kepala charger dan kabel chargernya. Jika sudah gonta-ganti kepada charger dan kabel data tetapi tetap saja bermasalah saat proses pengisian baterai maka yang bermasalah konektor pada HP kalian.

Konektor charger yang minta ganti padahal belum rusak sering terjadi dan kalian tidak usah panik. Karena biaya penggantian konektor charger cukup murah mulai dari 50 ribu sampai 100 ribu tergantung jenis konektornya.

Saya sendiri mengganti konektor micro USB beberapa hari yang lalu habis 40 ribu sudah termasuk ongkos pasang. Sedangkan untuk type C seperti pada beberapa smartphone Android keluaran terbaru mungkin sedikit mahal tetapi saya yakin tidak lebih dari 150 ribu.

Setelah tau biaya ganti atau servis konektor HP sekarang kalian harus tau ciri-ciri konektor charger minta ganti. Jangan sampai yang rusak kabel charger tapi kamu meminta tukang service untuk mengganti konektor pada HP kalian.

Namun sebelum saya jelaskan ciri-ciri kontekor charger yang minta ganti kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara servis Laptop yang benar ke tukang service serta cara menghilangkan bayangan di layar tanpa di servis.

Ciri Konekor Charger Rusak


1. Pengisian Daya Tidak Normal Padahal Charger Tidak Rusak


Ciri yang paling gampang dikenali yaitu proses pengisian daya yang tidak normal tetapi kepala charger dan kabel data dalam kondisi baik dan kalian sudah mencoba kepala charger dan kabel data lainnya tetap saja pengisian baterai tidak normal.

Jika sudah begitu maka dapat disimpulkan bahwa konektor charger di HP kalian yang sudah tidak layak pakai atau sudah rusak dan minta diganti. Tetapi jika di ganti kabel charger proses pengisian daya menjadi normal yang bermasalah adalah kabelnya.

2. Konektor Oblak


Berikutnya yaitu konektor yang sudah oblak. Gampang sekali untuk mengetahui bahwa konektor sudah oblak atau belum. Kalian bisa cek sendiri di goyang kanan-kiri bergerak secara bebas atau tidak. Jika bergerak bebas itu berarti konektornya sudah oblak atau kendor.

3. HP Tidak Panas


Jika saat proses pengisian daya HP tidak panas bisa jadi konektor pada HP kalian sudah tidak normal. Karena tidak ada daya yang masuk membuat HP tidak panas. Umumnya setiap pengisian daya HP pasti akan menimbulkan hawa panas walaupun cuma anget saja.

Oleh sebab itu kalian bisa pegang dan cek di bagian sekitar kamera karena disitulah semua mesin di HP berada. Jika saat pengisian daya tidak panas berarti tidak ada daya yang masuk. Karena normalnya proses pengisian daya pasti akan menimbulkan hawa panas.

Nah itu dia beberapa ciri konektor HP yang minta ganti dan biaya servis atau ganti konektor. Saya sarankan langsung saja kalian servis ke tukang servis karena biayanya murah dan tidak memakan waktu yang lama alias bisa ditunggu.

Selain itu jika kalian mengalami suhu terlalu tinggi atau suhu terlalu rendah saat charging HP kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan beberapa solusi untuk mengatasi suhu yang tidak normal saat pengisian daya HP.


EmoticonEmoticon