3 Solusi Face ID Bermasalah dan Tidak Berfungsi

3 Solusi Face ID Bermasalah dan Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Face ID adalah salah satu fitur unggulan HP Android dari Luna yang tidak ada di ponsel Android lainnya. Seperti yang kita tahu, Face ID hanya digunakan pada ponsel iPhone saja sedangkan yang ada di ponsel Android hanya Face Unlock bukan Face ID.

Tetapi di beberapa ponsel milik Luna Smartphone sudah mendukung fitur Face ID layaknya iPhone. Sebagai contoh Luna G58, Luna G60X, dan Luna G62 yang menggunakan fitur Face ID yang tidak ada di ponsel Android lainnya. 

Berbeda dengan Face Unlock, Face ID benar-benar merekam setiap detail wajah layaknya pemindai sidik jari atau Fingerprint. Oleh sebab itu fitur ini cukup langka pada ponsel Android dan saya tidak tau apakah ada brand lain yang menggunakan Face ID selain Luna Smartphone

Nah kasus Face ID bermasalah di Luna sering terjadi seperti Face ID yang tidak menanggapi. Karena Face ID tidak menanggapi, maka fitur Face ID tidak berfungsi. Masalah ini memang sering muncul di Android, jadi kalian tidak usah cemas. 

Kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang bisa kalian lakukan jika Fitur Face ID tidak menanggapi dan tidak berfungsi. Tetapi yang perlu kalian ketahui, cara ini hanya untuk fitur Face ID yang ada di perangkat Android seperti yang ada di ponsel milik Luna Smartphone. 

Jika kasus Face ID tidak berfungsi di iPhone, ini mungkin masalah serius yang tidak bisa kalian abaikan begitu saja. Karena kemungkinan besar jika fitur Face ID milik iPhone bermasalah, kemungkinan fitur Face ID akan mati cukup tinggi. 

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi Face ID tidak berfungsi di Android, kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti cara mengatasi pengaturan Fingerprint yang hilang serta penyebab PowerBank mati sendiri

Cara Mengatasi Face ID Tidak Berfungsi di Android


Reboot Perangkat


Cara pertama yang bisa kalian coba yaitu silakan reboot perangkat Android kalian yang memiliki fitur Face ID tadi. Cara ini cukup manjur untuk mengatasi aplikasi sistem yang sering error seperti fitur Face ID. 

Jika sudah di reboot tetapi masih tidak bisa alias Face ID tetap tidak menanggapi, kalian bisa lanjut ke cara berikutnya. Karena masih banyak cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi Face ID Android yang bermasalah. 

Hapus Data Aplikasi Face ID


Semua aplikasi yang ada di Android pasti bisa dihapus data dan cachenya, oleh sebab itu karena Face ID juga termasuk aplikasi maka kalian bisa mencoba menghapus data Face ID yang berada di aplikasi sistem. 

Silakan kalian pergi ke Pengaturan>Aplikasi>Aplikasi Sistem>Face ID>Hapus Data Aplikasi. Setelah kalian berhasil menghapus data aplikasi Face ID, kemungkinan fitur Face ID dapat digunakan lagi. Tetapi jika masih tidak berhasil kalian bisa mencoba cara terakhir. 

Kembali ke Setelah Pabrik


Cara terakhir yang bisa kalian coba yaitu silakan kalian reset secara penuh perangkat Android yang kalian miliki. Istilah hapus data secara penuh yaitu Factory Reset/Hard Reset/Kembali ke Setelan Pabrik. 

Semoga jika perangkat sudah di reset secara penuh fitur Face ID dapat digunakan kembali. Namun perlu di ingat setelah melakukan Hard Reset sudah dipastikan semua data yang ada di HP akan terhapus semua. 

Nah itu dia beberapa cara untuk mengatasi Face ID error di Android. Mungkin cara ini juga bisa kalian coba jika ponsel Android kalian menggunakan Face Unlock bukan Face ID seperti beberapa ponsel dari Luna Smartphone. 

Dan terakhir yang perlu kalian ketahui jika tidak mendapatkan pembaruan software di perangkat Android kalian, kalian bisa baca penyebab perangkat Android tidak mendapatkan update software. Permasalahan ini bisa membuat beberapa pengguna menjadi kebingungan.


EmoticonEmoticon