Pengertian Grosir, Eceran, dan Partai di Pedagang

Pengertian Grosir, Eceran, dan Partai di Pedagang

KEPOINDONESIA.id - Membeli barang untuk dipakai sendiri paling benar memang dengan membeli secara ecer. Artinya kita membeli barang hanya 1 yang seharusnya dapat dibeli secara banyak. Sebagai contoh membeli baju.

Membeli baju selain bisa membeli secara eceran kalian juga bisa membelinya secara grosir. Akan tetapi jika ingin digunakan sendiri membeli secara grosir tidak disarankan.

Walaupun dapat harga yang lebih murah dari pada beli secara eceran dengan jumlah yang sama akan tetapi tidak terlalu bermanfaat. Kenapa bisa begitu? karena semua baju tersebut tidak akan terpakai.

Kecuali jika kalian jual kembali atau kalian berikan ke saudara kalian. Harga Eceran dan Harga Grosir pasti sudah sering kalian dengar. Tetapi kalian tau tidak apa yang dimaksud dengan Eceran dan apa yang dimaksud dengan Grosir?.

Jika kalian tidak tau kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Karena saya akan menjelaskan tentang istilah Grosir dan Eceran yang sering kita dengar di kehidupan sehari-hari.

Selain Grosir dan Eceran saya juga akan menjelaskan apa yang dinamakan Partai atau pesanan Partai. Misalnya Partai sedang dan Partai banyak. Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti maksud dari kode ukuran baju dari S sampai XXL serta apa yang dimaksud dengan produk VVGC dan VGC. Berikut pengertian dan penjelasan tentang Partai, Eceran, dan Grosir.

Eceran


Eceran adalah membeli atau menjual barang dalam jumlah satuan. Singkatnya harga dihitung satuan walaupun bisa dibeli atau dijual secara banyak. Sebagai contoh harga Topi satuannya Rp. 20.000 dan kalian membeli sebanyak 10 buah.

Total yang harus kalian bayar menjadi Rp. 20.000 x 10 = 200.000. Intinya harga barang tersebut dihargai secara satuan.

Grosir


Sedangkan Grosir adalah membeli atau menjual barang dalam jumlah yang banyak. Banyak disini jelas lebih dari satu bisa 10 hingga 20. Sebagai contoh harga Grosir 10 Topi hanya Rp. 180.000 saja.

Akan tetapi jika membeli secara eceran misalnya 5 Topi kalian dikenakan biaya Rp. 20.000 per Topi karena harga ecerannya Rp. 20.000. 1 Grosir berapa jumlahnya? tergantung penjualnya karena tidak ada ketentuan pasti tentang Grosir.

Partai


Dan yang terakhir yaitu Partai. Partai sendiri lebih sering digunakan untuk pemesanan bukan dalam jual beli. Misalnya pemesanan baju mulai dari Partai kecil hingga Partai Besar. Berapa jumlah Partai kecil, sedang, dan besar?.

Seperti Grosir, tidak akan ketentuan pasti. Tetapi menurut saya Partai kecil kurang dari 10, Partai sedang antara 10-100, sedangkan Partai besar lebih dari 100 buah.

Bagaimana, sekarang kalian sudah tau bukan apa itu yang dinamakan harga Eceran, harga Grosir, dan pesanan dalam bentuk Partai. Semoga artikel kali ini bermanfaat karena penggunaan ketiga istilah tadi cukup sering kita dengar.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian sering mendengar juga istilah Starter Pack dan Outfit. Jika kalian tidak tau apa itu Outfit dan Starter Pack kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas tentang kedua istilah tadi.


EmoticonEmoticon