4 Penyebab dan Cara Mengatasi NFC Tidak Berfungsi Saat Ingin Digunakan

4 Penyebab dan Cara Mengatasi NFC Tidak Berfungsi Saat Ingin Digunakan

KEPOINDONESIA.id - NFC adalah salah satu fitur yang ada di Smartphone yang dulunya tidak terlalu berguna, namun kini sangat berguna sekali. Kini setelah adanya e-money, NFC bisa kita gunakan untuk mengecek saldo e-money bahkan bisa untuk mengisi saldo juga.

Near Field Communication atau NFC adalah protokol untuk menghubungkan dua buah perangkat elektronik dalam jarak yang sangat dekat. Jika kita sudah dekatkan 2 perangkat elektronik tadi tetapi NFC tidak berfungsi, apa yang perlu kita lakukan?.

Kasus NFC tidak berfungsi sering terjadi di beberapa tipe ponsel pintar dari brand manapun. Jika NFC tidak bisa di aktifkan dan tidak berfungsi, kita tidak akan bisa cek saldo e-money, mengisi saldo e-money, atau melakukan pembayaran dengan NFC.

Maksimal jarak yang bisa terdeteksi oleh NFC yaitu 4 cm, jika lebih dekat dari itu sampai kita dekatkan sekali ke bagian belakang ponsel namun NFC tidak bekerja, berarti ada masalah pada NFC di HP kalian.

Untuk tau apa penyebab dan cara mengatasi NFC tidak berfungsi kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum itu kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti solusi flash di aplikasi kamera tidak mau menyala dan kenapa keyboard tidak mau hilang dari layar.

Penyebab dan Solusi Jika NFC Tidak Berfungsi


1. NFC Tidak Menjangkau


Maksudnya begini, mungkin saja kalian menggunakan case yang sangat tebal pada HP kalian. Nah mungkin saja case ini menghalangi sinyal dari NFC untuk mendeteksi kartu e-money. Maka dari itu silakan lepas softcase atau hardcase yang terpasang terlebih dahulu saat ingin menggunakan NFC.

2. Jarak Terlalu Jauh dan Tidak Tepat


Saran saya langsung tempelkan saja kartu e-money nya di belakang ponsel di bagian tengah-tengah. Nah di bagian tengah-tengah ini paling ideal supaya NFC bisa bekerja dengan baik. Jangan letakkan kartu e-money di bagian depan layar atau bagian samping.

3. Daya Baterai Tidak Cukup


Daya baterai yang lemah bisa membuat kinerja beberapa aplikasi smartphone menjadi dibatasi. Sebagai contoh aplikasi kamera, jika baterai dibawah 10% pasti akan ada fitur yang tidak bisa digunakan. Maka dari itu jika ingin mengecek saldo atau isi saldo e-money jangan mepet-mepet saat daya baterai sudah mau habis.

4. Reboot Perangkat


Terakhir yang bisa kalian lakukan ialah dengan reboot perangkat Android kalian. Mungkin saja tadi NFC nya sedang error karena sering di aktifkan dan di nonaktifkan. Maka dari itu reboot atau restart perangkat adalah pilihan yang benar.

Nah itu dia beberapa penyebab NFC di HP tidak berfungsi. Jika ponsel kalian memang mendukung dan support NFC serta sudah melakukan cara diatas, kemungkinan besar NFC pada HP kalian sudah rusak.

Jika sudah rusak maka tidak bisa digunakan lagi. Karena jika di aktifkan maka akan otomatis mati sendiri. Selain itu jika Bluetooth sering aktif sendiri, kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Kalian bisa menonaktifkan fitur yang membuat Bluetooth sering nyala sendiri.


EmoticonEmoticon