Penjelasan Mengenai Bahasa RTL atau Tata Letak RTL

Penjelasan Mengenai Bahasa RTL atau Tata Letak RTL

KEPOINDONESIA.id - Pengaturan gaya RTL, tata letak RTL, atau bahasa RTL mungkin sangat jarang kalian temui. Sebagai contoh pada smartphone, apakah kalian pernah menemukan pengaturan yang berkaitan dengan RTL?.

Pasti tidak pernah. Saya sendiri tidak yakin beberapa dari kalian pernah mendengar atau membaca mengenai RTL ini. Karena memang tata letak atau gaya RTL tidak cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Oleh karena ini kali ini saya akan membahas sedikit mengenai gaya atau bahasa RTL. RTL disini bukanlah Rencana Tindak Lanjut, melainkan sistem penulisan yang digunakan di beberapa negara di Dunia.

Sebelum lanjut ke pembahasan lengkapnya, kalian bisa baca beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya bahas. Misalnya pembahasan tentang perbedaan antara DoorPrize dan Grand Prize serta apa yang dimaksud dengan tiket HTM dan OTS.

Apa itu RTL?RTL singkatan dari Right-to-left, yaitu penulisan dari kanan halaman dan berlanjut ke kiri. Tidak seperti penulisan pada umumnya baik di buku atau di komputer yang dimulai dari kiri menuju ke kanan.

Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menggunakan sistem penulisan LTR (Left to-right), berarti dari kiri ke kanan. Sedangkan bahasa yang menggunakan penulisan RTL seperti bahasa Arab, Persia, Ibrani, Urdu, dan Sindhi.

Jika penulisannya dari sisi kanan terlebih dahulu, untuk membacanya juga harus dari sisi kanan. Seperti jika kita membaca tulisan arab di Al-Qur'an, kita memulainya dari sebelah kanan terlebih dahulu tidak seperti membaca buku dengan tulisan bahasa Indonesia.

Nah itu dia sedikit ulasan mengenai bahasa RTL. Dalam dunia IT, developer dan programmer akan sangat kesusahan jika mendapatkan job yang mengharuskan menggunakan gaya RTL atau tata letak RTL. Karena harus mengubah semua bagian yang awalnya dari kiri menjadi ke kanan.


EmoticonEmoticon