Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Hilang Semua atau Kosong

Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Hilang Semua atau Kosong

KEPOINDONESIA.id - Saya yakin banyak orang yang memiliki kontak WA cukup banyak. Walaupun tidak pernah melakukan chatting satu sama lain, tetapi memiliki kontak WhatsApp yang banyak bisa menambah penonton story WhatsApp atau SW.

Yang saya alami beberapa hari yang lalu, tiba-tiba kontak WA di HP saya tiba-tiba hilang semua alias daftar kontak menjadi kosong. Saya sedikit bingung kenapa kontak WA bisa kosong, padahal kontak di menu Telepon masih ada semua.

Selain itu saya tidak sedang menghapus data aplikasi WhatsApp, tetapi kenapa daftar kontak di WA saya hilang semua. Bukannya kontak tidak muncul, tetapi kontak yang dulunya ada sekarang tidak ada.

Tidak hanya 1 atau 2 kontak, tetapi ini semua hilang dan daftar kontak di WhatsApp menjadi kosong. Setelah saya lakukan berbagai cara, tiba-tiba daftar kontak yang tadinya hilang entah kemana, kini sudah kembali lagi.

Ada beberapa cara yang sudah saya lakukan untuk mengembalikan kontak WA yang hilang secara tiba-tiba. Yang pasti kalian tidak usah panik, jika kontak di menu Telepon masih ada maka kontak di WhatsApp tidak akan hilang.

Namun sebelum saya jelaskan bagaimana cara saya mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang sendiri, kalian perlu baca beberapa artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas. Saya harap artikel tersebut bermanfaat bagi kalian.

Seperti artikel tentang apa yang dimaksud mengarsipkan pesan di WhatsApp serta cara menghapus kontak telepon yang tidak bisa dihapus. Berikut cara memunculkan kembali kontak WA yang hilang.

Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang


1. Tutup Aplikasi WhatsApp


Langkah pertama yang bisa kalian lakukan yaitu menutup aplikasi WhatsApp. Kalian bisa menutup aplikasi WA yang berjalan di recent apps, jika perlu kalian bisa menghentikan paksa aplikasi WhatsApp lewat pengaturan.

Jika sudah dihentikan, langsung saja kalian buka aplikasi WhatsApp. Jika beruntung maka kontak WA yang tadi hilang akan langsung muncul kembali. Jika tidak berhasil kalian bisa mencoba cara berikutnya.


2. Hapus Cache Aplikasi WhatsApp


Langkah berikutnya yang bisa kalian lakukan yaitu menghapus cache aplikasi WhatsApp. Perlu diingat yang harus di hapus ialah cache aplikasi bukanlah data aplikasi. Jika kalian tidak sengaja memilih data aplikasi maka riwayat chat di aplikasi WA akan hilang semua.

Oleh sebab itu jika kalian sudah di menu penyimpanan aplikasi WhatsApp di pengaturan, silakan kalian lihat betul mana tulisan cache aplikasi dan mana yang tulisannya data aplikasi, jangan sampai kalian memilih hapus data aplikasi.

3. Reboot Perangkat


Jika kalian sudah mencoba menutup aplikasi WhatsApp lewat Recent Apps, menghentikan aplikasi WhatsApp secara paksa dan sudah menghapus cache aplikasi WA tetapi masih tidak kembali kontak yang hilang, kalian bisa mencoba cara terakhir yaitu reboot perangkat.

Kontak yang hilang tadi akan kembali jika penyebab hilangnya kontak WA karena sistem dan aplikasi sedang error. Jika memang penyebabnya karena error, setelah kalian melakukan reboot pasti kontak WA yang hilang akan kembali dengan sendirinya.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengembalikan kontak WA yang hilang sendiri. Selain dengan 3 cara diatas, jika kalian sedang beruntung kalian tidak usah melakukan hal apapun maka daftar kontak WA yang hilang semua akan muncul kembali dengan sendirinya.

Hal ini bisa terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil, aplikasi WhatsApp yang tidak berjalan dengan sempurna atau spesifikasi perangkat yang kalian gunakan untuk menginstall WhatsApp sudah tidak layak digunakan.

Dan terakhir sebelum saya akhiri pembahasan kali ini, jika kalian pernah mengalami WhatsApp tidak memiliki tanggal yang akurat kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Jika notifikasi tersebut muncul, kita tidak akan bisa menggunakan WhatsApp sama sekali.


EmoticonEmoticon