Mengenal Harga SRP atau Harga Eceran Yang Disarankan

Mengenal Harga SRP atau Harga Eceran Yang Disarankan

KEPOINDONESIA.id - Kalian pasti sering melihat tulisan Harga Eceran Yang Disarankan di beberapa produk yang di jual di toko-toko. Sebagai contoh buku sekolah, biasanya di buku sekolah seperti buku Paket akan ada tulisan harga eceran yang disarankan.

Selain di buku sekolah, sebenarnya harga yang disarankan ini juga ada di beberapa produk yang sering kita jumpai. Seperti pada smartphone, pasti pihak vendor selalu menyarankan penjual untuk mengikuti SRP.

Jika saya menyebutkan harga eceran yang disarankan kalian pasti tau apa maksudnya, yaitu harga yang disarankan oleh produsen untuk dijual kembali oleh penjual. Lalu apa yang dimaksud SRP, apakah SRP sama seperti harga yang disarankan?.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai, karena saya akan sedikit menjelaskan mengenai harga SRP atau harga eceran yang disarankan. Tetapi sebelum lanjut kalian bisa baca arti produk VGC dan VVGC serta maksud promo beli 2 gartis 1.

Jadi SRP singkatan dari Suggested Retail Price yang memiliki arti sama seperti Harga Eceran Yang Disarankan. Vendor/Brand/Perusahaan menyarankan harga tersebut sebagai patokan supaya penjual atau toko dapat menentukan harga yang ideal.

Dengan adanya Suggested Retail Price pemilik toko atau dealer tidak akan kebingungan untuk menentukan harga jual yang pas supaya produk tersebut tidak terlalu mahal tetapi tetap menguntungkan jika terjual.

Hampir sama seperti HET atau Harga Eceran Tertinggi yang selalu ada di buku paket, harga tersebut mencegah harga jual buku terlalu tinggi. Banyak sekali produk-produk yang memiliki ketentuan HET seperti produk Beras dan Gula.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang tidak tau harga SRP itu apa. Menentukan harga jual memang tidak boleh sembarang, kita harus bijak karena pembeli mempunyai hak untuk mendapatkan barang dengan harga yang wajar. 

Selain harga SRP mungkin kalian perlu tau pesanan barang secara grosir ataupun partai. Untuk grosir mungkin beberapa dari kalian sudah tau, bagaimana dengan partai?. Misalnya kalian belum tau kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut. 


EmoticonEmoticon