Perbedaan Downgrade HP Dengan Downgrade OS

Perbedaan Downgrade HP Dengan Downgrade OS

KEPOINDONESIA.id - Bagi beberapa orang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah update, tetapi bagaimana dengan istilah downgrade dan upgrade?. Saya yakin orang lebih familiar dengan istilah upgrade dari pada downgrade.

Sebagai contoh istilah downgrade yang sering digunakan dalam pembahasan smartphone. Misalnya downgrade Android atau downgrade dari ponsel merk yang satu ke merk yang lainnya.

Saya sendiri tidak asing dengan istilah upgrade dan downgrade, tetapi memang istilah upgrade lebih sering didengar dari pada downgrade. Karena istilah ini hanya digunakan oleh orang-orang yang tau maksud dari kata downgrade itu apa.

Ada 2 arti downgrade dalam dunia smartphone seperti ponsel pintar Android. Yaitu donwgrade HP atau ponsel serta downgrade OS atau sistem operasi. Kedua istilah tadi hampir sama, namun sedikit berbeda dari apa yang di downgrade.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai, karena kali ini saya akan menjelaskan itu semua. Namun sebelum lanjut mungkin kalian bisa baca cara cek DPI layar smartphone serta cara menggunakan AccuBattery untuk cek kesehatan baterai Android.

Downgrade HP


Downgrade HP memiliki arti ganti HP/ponsel/perangkat yang memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari pada HP yang kita gunakan sebelumnya. Sebagai contoh awalnya kalian menggunakan iPhone X, namun kini kalian menggunakan iPhone 8 karena alasan tertentu.

Itulah yang namanya downgrade HP. Sedangkan jika awalnya menggunakan iPhone X lalu ganti menggunakan iPhone 11, itu namanya upgrade HP atau upgrade smartphone. Singkatnya downgrade atau upgrade bisa kita lihat dari spesifikasi perangkat.

Downgrade OS


Sedangkan downgrade OS artinya turun dari sistem operasi yang sekarang ke yang sebelumnya atau yang lebih rendah lagi. Misalnya kalian baru saja update dari Android Pie ke Android 10, tetapi tidak cocok dan masih banyak bug.

Pilihan yang bisa kalian lakukan supaya kembali menggunakan sistem operasi Android Pie yaitu dengan cara downgrade sistem operasi. Sedangkan jika naik ke versi OS terbaru namanya update bukan upgrade.

Kenapa update bukan upgrade? Karena upgrade hanya bisa digunakan pada hardware saja, karena istilah ini memiliki arti mengganti. Sedangkan update adalah kata yang digunakan untuk software, yang memiliki arti memperbarui.

Nah itu dia perbedaan antara downgrade HP dengan downgrade sistem operasi. Selain itu sudah saya jelaskan juga perbedaan antara update dan upgrade apa, memiliki pengertian yang sama namun penggunaannya berbeda.


EmoticonEmoticon