Cara Cek Ukuran DPI Layar Ponsel Android Kita

Cara Cek Ukuran DPI Layar Ponsel Android Kita

KEPOINDONESIA.id - Banyak faktor yang biasanya harus ada pada sebuah smartphone yang ingin kita beli. Seperti desain yang menarik, kapasitas baterai yang besar, jumlah megapixel kamera yang besar serta RAM dan ROM yang lega. Selain itu ada juga yang mempertimbangkan jenis layar dan kerapatan piksel layar ponsel yang ingin dibeli.

Untuk saya sendiri cukup desain yang menarik, kapasitas baterai yang tidak kecil atau minimal cukup bertahan sampai 1 hari dan RAM dan ROM yang cukup lega. Sedangkan untuk segi kamera dan jenis serta kerapatan layar saya kurang perduli.

Ada apa dengan kerapatan piksel atau DPI ini? Kenapa banyak orang yang terkadang mempermasalahkan jumlah DPI pada sebuah smartphone yang ada. Jadi DPI (Dots per Inch) atau Titik per Inci adalah kerapatan titik dalam suatu gambar.

Semakin besar resolusi DPI maka akan semakin bagus kualitas layar tersebut. Semakin besar resolusi layar lebih bagus dibarengi dengan besarnya dpi pada layar tersebut. Sebagai contoh 400 dpi pada layar 4 inci lebih bagus dari pada 400 dpi di layar 5 inci.

Jadi percuma jika smartphone kita memiliki ukuran layar yang besar namun dpi nya rendah maka hasil nya tidak akan sebagus pada smartphone yang memiliki ukuran layar sama namun dpi nya lebih tinggi.

Saya sendiri tidak akan terlalu banyak membahas mengenai DPI ini, karena saya hanya akan membahas bagaimana cara cek dpi pada ponsel kita. Jadi jika kalian bertanya apa itu DPI di Android maka kalian bisa melihat artikel lainnya yang lebih lengkap.

Namun jika kalian bertanya berapa ukuran Density layar ponsel saya atau ukuran dpi yang bagus mungkin kalian bisa simak artikel berikut ini. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara cek sisa kapasitas Google Drive dan cara menolak tawaran dari sales Oppo dan Vivo saat di Mall.

Berikut Cara Cek Ukuran DPI Layar Android Dengan Aplikasi


1. Langkah pertama silakan kalian download dan install aplikasi CPU-Z di Play Store terlebih dahulu lalu buka aplikasi tersebut

2. Jika sudah pilih menu Device bukan SoC

2. Jika sudah pilih menu Device bukan SoC

3. Terakhir lihat pada Screen Density, itulah DPI layar ponsel kalian. Semakin banyak semakin bagus

3. Terakhir lihat pada Screen Density, itulah DPI layar ponsel kalian. Semakin banyak semakin bagus

Nah itu dia untuk cara cek screen density atau cara cek dpi layar smartphone kita. Sebenarnya ada yang lebih mudah tanpa menggunakan aplikasi yaitu dengan mengunjungi situs seperti GSMArena.  Namun biasanya HP lokal seperti Smartfren Andromax dan Advan tidak akan tercatat di situs tersebut.

Selain itu jika kalian pengguna operator Smartfren 4g GSM kalian juga perlu membaca artikel kenapa sinyal di kartu Smartfren tidak mau muncul. Banyak yang mengalami hal seperti itu dan panik karena tidak tau penyebab dan solusinya. 


EmoticonEmoticon