4 Cara Mencegah dan Mengatasi Update Windows 10 Tidak Berjalan atau Lama

4 Cara Mencegah dan Mengatasi Update Windows 10 Tidak Berjalan atau Lama

KEPOINDONESIA.id - Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi Windows yang kini banyak digunakan karena keberadaan Windows 7 sudah benar-benar hilang. Windows 10 memiliki kelebihan dari pada pendahulunya yaitu Windows 8, maka dari itu selain Windows 7, Windows 10 merupakan salah satu alternatifnya.

Namun, beberapa pengguna setia Windows merasakan bahwa Windows 10 bukan lagi sebuah sistem operasi, melainkan sebuah Software. Kenapa begitu? Karena hampir setiap bulan ada update pada Windows 10, baik update dalam sekali kecil atau update dalam sekala besar.

Bagi yang belum paham betul mengenai update software di Windows 10, ini merupakan momok yang menakutkan. Karena tidak semudah dan selamanya update software di Windows 10 ini sempurna dan membawa dampak yang baik.

Kejadian saat gagal update dan jika berhasil akan muncul bug-bug karena antara software dan hardware tidak cocok, sebagai contoh pada bagian driver ini sering sekali terjadi. Lalu bagaimana bagi kita pemula atau newbie untuk melakukan update Windows 10 yang benar?.

Ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan sebelum melakukan update software di Windows 10 untuk meminimalisir kegagalan, error, update tidak jalan atau bahkan jalan tapi lama. Cara pencegahan supaya saat update Windows 10 berhasil ini merupakan cara sederhana.

Lebih cocok sebagai pencegahan bukan cara mengatasi update Windows 10 yang tidak berjalan atau error. Namun sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai beberapa tips dan trik sederhananya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya.

Seperti cara screenshot atau tangkap layar sebagian di Windows 10 dan cara menonaktifkan fitur koreksi di Microsoft Office Word. Berikut cara pencegahan supaya update Windows 10 berjalan dan tidak berhenti di working on update.

Cara Mencegah Gagal Update Windows 10


1. Pastikan Koneksi Internet Kuat dan Stabil


Ini merupakan syarat utama yang sering diabaikan oleh pengguna Windows 10 yang ingin melakukan update. Karena jika koneksi internet benar-benar tidak kuat dan tidak stabil, proses update sudah dipastikan akan memakan waktu yang sangat lama.

Tidak seperti jika kita download file lewat aplikasi IDM, jika kita download file untuk update sistem walaupun kecepatan internet sama maka proses downloadnya tidak akan secepat pada IDM.

Jadi dari pada memperbaiki dan mengatasi, lebih baik kalian mencegah supaya proses update software lancar dan tidak ada gangguan atau masalah dengan memastikan koneksi internet yang kita gunakan kuat, cepat, dan stabil.


2. Hapus Sampah dan Cache


Berikutnya yaitu silakan kalian hapus sampah dan cache di Laptop atau Komputer kalian yang menggunakan Windows 10 tadi. Hal ini perlu sekali, supaya kinerja Laptop atau Komputer yang kita gunakan semakin ringan.

3. Jangan Jalankan Aplikasi Apapun


Berikut sebelum proses update software, tidak disarankan untuk menjalankan aplikasi apapun baik yang tidak terhubung ke internet atau yang terhubung ke internet. Jadi jika masih membuka beberapa aplikasi, silakan kalian close atau tutup terlebih dahulu semua aplikasi yang berjalan.

4. Tunggu Saja


Jadi, walaupun koneksi internet cepat dan kita sudah menghapus sampah dan cache serta tidak ada aplikasi yang berjalan, memang proses update sistem di Windows 10 ini terbilang lama dan hitungan jam.

Prosesnya bisa dibawah 6 jam dan bisa lebih dari 12 jam. Tergantung ukuran file serta faktor-faktor lainnya. Jadi silakan kalian tunggu saja dan jangan matikan Laptop atau Komputernya. Jika kalian menggunakan Laptop, bisa di cas untuk menghindari Laptop mati mendadak karena kehabisan daya baterai.

Nah itu dia pencegahan supaya pada saat update software Windows 10 berjalan lancar dan tidak ada kendala sama sekali. Karena memang update software di Windows 10 ini merepotkan, maka banyak yang menonaktifkan fitur Windows Update.

Dan juga jika di Windows Defender kalian ada tanda serunya, kalian bisa baca solusi menghilangkan tanda seru di Windows Defender. Cara tersebut berhasil dan sudah saya coba untuk menghilangkan tanda seru di Windef.


EmoticonEmoticon