5 Cara Mengatasi Tombol Switch Kamera Depan Hilang

5 Cara Mengatasi Tombol Switch Kamera Depan Hilang

KEPOINDONESIA.id - Kamera depan kini adalah fitur wajib yang harus ada di setiap smartphone. Jika kita membeli sebuah ponsel pintar namun tidak ada kamera depannya rasanya sia-sia saja. Maka dari itu setiap ponsel pintar kini pasti ada kamera depannya.

Walaupun di beberapa Android yang harganya murah belum ada sensor sidik jari atau fingerprint , ini masih bisa di toleransi. Namun jika sebuah ponsel pintar berapapun harganya, pasti dengan harga yang murah sekalipun kita seharusnya tetap akan mendapatkan kamera depan.

Kamera depan selain berguna untuk selfie atau berswafoto juga berguna untuk melakukan video call. Oleh sebab itu, setiap ponsel pintar khususnya Android yang murah pasti sudah memiliki kamera depan, walaupun kualitasnya sangat biasa saja.

Kamera depan pada Android terkadang hilang pada menu kamera, jadi kita tidak bisa mengganti kamera dari kamera belakang ke kamera depan. Singkatnya tombol untuk mengganti kamera tidak ada alias hilang.

Pengaturan kamera depan yang hilang memang sering terjadi dan membuat bingung para pengguna. Selain hilang, terkadang kamera depan juga tidak berfungsi seperti hanya blank hitam atau bisa di switch namun akan kembali ke kamera belakang lagi.

Apa penyebabnya? saya sendiri tidak tau apa penyebabnya. Namun untuk solusi atau beberapa tips supaya kamera depan bisa muncul lagi, saya tau solusinya. Jadi kali ini saya akan membahas mengenai kamera depan yang hilang dan tidak bisa digunakan di Android.

Namun sebelum itu, mungkin saja kalian perlu tau beberapa masalah yang sering muncul di kamera smartphone. Seperti penyebab flash kamera tidak mau menyala dan cara mengatasi aplikasi kamera yang tidak bisa dibuka karena kesalahan kamera.

Cara Memperbaiki Kamera Depan Yang Hilang


1. Coba Cek Dengan Aplikasi Kamera Pihak ke-3


Yang pertama kali harus kalian lakukan yaitu dengan mengecek dan memastikan bahwa yang error aplikasi kamera atau kameranya. Caranya cukup install aplikasi kamera dari pihak ke-3 dari Play Store dan lihat ada tombol untuk berganti ke kamera depan atau tidak.

Jika ada, berarti aplikasi kamera bawaan kalian sedang error. Jika sedang error, coba tutup saja aplikasinya. Jika tetap tidak ada tombol untuk berganti mode kamera, ini menandakan yang error adalah kameranya bukan aplikasi.

2. Hapus Data Aplikasi


Jika kalian sudah cek di beberapa aplikasi kamera pihak ketiga dan tetap saja tidak ada tombol untuk kamera depan, silakan kalian hapus data aplikasi kamera bawaan. Tenang, jika kalian menghapus data aplikasi kamera foto dan video yang ada tidak akan terhapus.

Hanya saja jika kalian merubah beberapa peraturan, maka peraturan di aplikasi kamera akan kembali seperti semula. Jika sudah menghapus data aplikasi kamera bawaan namun tidak berhasil, kalian bisa mencoba cara berikutnya.

3. Reboot Perangkat


Tanpa panjang lebar lagi, sudah sering saya katakan bahwa melakukan reboot atau restart bisa memperbaiki aplikasi dan sistem yang sedang error. Jadi kalian mengalami masalah tombol kamera depan tidak muncul atau tidak ada, cara ini yang wajib dicoba.

4. Diamkan Saja


Jika perangkat sudah di reboot namun belum berhasil alias tetap saja tidak muncul, cara berikutnya yang bisa kalian coba yaitu cukup diamkan saja ponsel kalian tanpa membuka aplikasi kamera dalam beberapa jam atau beberapa hari.

Di beberapa kasus pada aplikasi default perangkat seperti aplikasi kamera bawaan, cukup di diamkan maka masalah akan terselesaikan sendiri. Jika kalian sudah melakukan cara ini, semoga tombol kamera depan muncul lagi.

5. Kembali ke Pengaturan Pabrik


Jika kalian sudah melakukan cara pertama sampai ketiga serta sudah tidak menggunakan aplikasi kamera dalam beberapa hari sampai 1 minggu dan tidak ada hasilnya, saran saya lakukan kembali ke pengaturan pabrik saja atau hard reset.

Cara ini bisa kalian lakukan jika sudah mencoba berbagai cara namun tidak berhasil. Sebagai contoh karena kalian tidak sengaja update aplikasi kamera di Play Store, namun sebenarnya aplikasi kamera tidak perlu di update atau di perbarui, maka hasilnya kamera jadi error.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan jika aplikasi kamera error dan tidak bisa menggunakan kamera depan. Seharusnya kalian tidak perlu kembali ke pengaturan pabrik, namun jika terpaksa karena membutuhkan kamera depan maka lakukan saja.

Dan jika beberapa sensor di perangkat kalian tidak aktif atau error, kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai sensor di ponsel pintar. Ada beberapa masalah pada sensor yang bisa diperbaiki tanpa melakukan service.


EmoticonEmoticon