3 Cara Mengatasi Jaringan Wifi Tidak Muncul Tetapi Malah Menelusuri Jaringan

3 Cara Mengatasi Jaringan Wifi Tidak Muncul Tetapi Malah Menelusuri Jaringan

KEPOINDONESIA.id - Jaringan wifi terkadang memang sulit untuk terdeteksi di perangkat yang kita gunakan. Selain sulit terdeteksi, tidak jarang juga ada kejadian jaringan wifi sudah di luar jangkauan tetapi masih muncul pada menu Wifi.

Dua kejadian tadi memang sering saya alami, oleh sebab itu saya sedikit mengetahui kenapa bisa begitu. Namun yang akan saya bahas kali ini yaitu jaringan wifi yang tidak muncul atau saat kita mengakses menu Wifi hanya akan muncul pemberitahuan menelusuri jaringan wifi saja.

Jadi kita sudah mengaktifkan Wifi tetapi tidak ada jaringan wifi yang muncul untuk bisa dihubungkan dengan perangkat kita. Berbeda dengan jaringan wifi yang tersimpan atau kesalahan autentikasi, karena kasus ini jaringan wifi tidak muncul.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat perangkat kita tidak bisa mendeteksi jaringan wifi, salah satunya karena HP kita sedang error. Oleh sebab itu untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Untuk permasalahan lainnya seperti wifi tidak terhubung, wifi terhubung tapi tidak bisa untuk internetan, dan ciri-ciri perangkat yang diblokir jaringan wifi akan saya bahas lain waktu jika sempat.

Dan sebelum lanjut ke pembahasan penyebab wifi tidak terdeteksi, kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti cara merubah nama dan sandi Hotspot serta cara mengatasi video call di BCA Mobile lama dan tidak terhubung.

Solusi Jaringan Wifi Tidak Terdeteksi dan Tidak Muncul


1. Jaringan Wifi Diluar Jangkauan


Penyebab pertama yaitu karena jaringan wifi sudah diluar jangkauan. Mungkin saja awalnya memang jaringan wifi bisa terhubung dengan perangkat kita, tetapi karena faktor cuaca dan faktor lainnya terkadang membuat jangkauan jaringan wifi menjadi lebih sempit.

Oleh sebab itu untuk bisa menggunakan koneksi wifi yang stabil kalian wajib lebih dekat dengan sumber wifi. Singkatnya lebih banyak sinyal wifi yang tertangkap pada perangkat kita maka akan semakin baik.

2. Refresh Wifi


Maksudnya jika kita sudah mengaktifkan wifi tetapi tidak ada jaringan yang tertangkap alias menelusuri jaringan wifi terus kalian bisa mematikan Wifi dan mengaktifkannya kembali. Cara ini cukup berhasil jika perangkat kita tidak error.

3. Reboot Perangkat


Jika perangkat kita error, wajib untuk reboot atau restart. Biasanya jika HP Android pada menu Wifi error disebabkan karena terlalu sering mengaktifkan dan menonaktifkan Wifi dalam jangka waktu yang berdekatan.

Selain itu jika kita terlalu sering menggunakan mode pesawat juga bisa menyebabkan menu Wifi menjadi error bahkan tidak bisa di aktifkan atau di on kan fitur Wifi nya.

Nah itu dia beberapa penyebab jaringan wifi tidak terdeteksi di perangkat kita. Jika HP yang kalian gunakan selalu mencari wifi dan tidak muncul-muncul jaringan wifi yang bisa di hubungkan, pastikan lokasi kalian terdapat jaringan wifi yang bisa dihubungkan.

Sedangkan untuk proses pemeriksaan update sistem Android yang lama sudah pernah saya bahas, untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya tuliskan. Pada artikel tersebut kalian bisa mengikuti beberapa tips dan cara untuk mengatasi pemeriksaan pembaruan sistem Android yang lama.


EmoticonEmoticon