Ini Penjelasan Kata Mutung Dalam Bahasa Jawa, Jangan di Anggap Remeh

Ini Penjelasan Kata Mutung Dalam Bahasa Jawa, Jangan di Anggap Remeh

KEPOINDONESIA.id - Bagi orang Jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Mutung. Mutung ini sering kita dengar dalam lingkungan masyarakat atau dalam pertemanan. Biasanya orang yang mutung akan dipanggil sebagai orang yang mutungan.

Ada beberapa alasan kenapa orang tersebut menjadi mutung. Mungkin karena sudah tidak sabar lagi atau mungkin orang tersebut sudah tidak nyaman dengan suatu tindakan yang dilakukan oleh orang lain kepadanya.

Lalu apa itu mutung?apa yang dimaksud mutungan dalam bahasa Jawa. Supaya kalian tau, nanti akan saja jelaskan definisi mutung yang bisa saya jelaskan. Mutung ini biasanya terbawa suasana yang terjadi dan orang tersebut mulai bodo amat.

Di beberapa kasus jika ada orang yang mutung pasti kalimat ini akan muncul "Ojo mutungan". Jika kalian tau, kalimat tersebut tidak membantu sama sekali, malah bisa membuat perasaan orang yang mutung tadi menjadi semakin bodo amat.

Sebelum kita lanjutkan pembahasan tentang Mutung dan Mutungan ini, kalian bisa baca beberapa kata yang pernah saya bahas juga. Seperti arti kata cepu dan apa yang disebut Mendes & Gondes serta penjelasan mengenai Cringe.

Mutung adalah dimana kondisi sudah tidak perduli lagi atas hal yang mereka tunggu dan inginkan sebelumnya. Bisa juga mutung diartikan sebagai orang yang sudah tidak perduli karena sudah sakit hati.

Sebagai contoh, "Dino mutung karena selalu ditinggal temannya saat memancing di sungai, dan setelah itu Dino tidak pernah berkumpul lagi dengan teman yang pernah mengajak Dino memancing". Singkatnya mutung bisa diartikan lebih dari marah saja.

Perasaan tidak percaya seseorang yang mutung biasanya cukup lama. Orang mutung tidak menunjukan ekspresi menakutkan tidak seperti orang yang marah atau patah hati. Condong lebih ke perasaan cuek, diam dan bodo amat.

Maka dari itu jika kalian melakukan suatu hal kepada teman atau orang lain jangan berlebihan. Jika sudah mutung mungkin kalian tidak akan bisa bermain, bercanda tawa dengan teman kalian yang tadi lagi.


EmoticonEmoticon