4 Solusi Kartu Smartfren Tidak Terbaca dan Tidak Muncul Sinyal

4 Solusi Kartu Smartfren Tidak Terbaca dan Tidak Muncul Sinyal

KEPOINDONESIA.id - Pengguna operator Smartfren saat ini semakin meningkat setelah pihak Smartfren memutuskan untuk pindah dari CDMA ke GSM beserta jaringan 4G LTE yang mereka bawa. Yang awalnya hanya untuk perangkat Andromax dan Mifi, kini kartu perdana Smartfren sudah bisa digunakan di perangkat apapun yang mendukung.

Baik di ponsel Samsung, iPhone, Asus, Xiaomi, Oppo, maupun Vivo. Jika ponsel pintar seperti Android dan iOS sudah mendukung jaringan milik Smartfren, maka sudah dipastikan akan bisa menggunakan kartu Smartfren 4g ini.

Namun sayangnya masih ada beberapa kasus kartu Smartfren tidak terbaca atau kartu Smartfren tidak terdeteksi khususnya di SIM2. Banyak yang mengeluhkan bahwa mereka bisa menggunakan kartu Smartfren di SIM1 namun jika di pindah di SIM2 tidak bisa digunakan.

Singkatnya jika dipindah ke SIM2 kartu Smartfren tidak ada sinyalnya. Kasus seperti ini dulu juga pernah terjadi di beberapa produsen smartphone. Seperti jika jaringan 3G bisa muncul di SIM1 namun jika dipindah ke SIM 2 hanya bisa Edge saja.

Jika di SIM1 bisa 3g namun di SIM2 hanya bisa Edge maka kartu masih terdeteksi, namun tidak bisa menggunakan jaringan 3g seperti pada SIM1. Lalu bagaimana supaya kartu atau sinyal Smartfren muncul dan terdeteksi khususnya di SIM2?

Ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya. Untuk itu kali ini akan saya gabungkan saja jika kartu Smartfren tidak muncul dan tidak ada sinyal baik di SIM1 dan SIM2. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara daftar paket 3 32GB 60 ribu dan solusi aplikasi MySmartfren lemot serta lambat saat digunakan.

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Terdeteksi


1. Tidak Terjangkau Jaringan 4g Smartfren


Penyebab pertama yaitu di wilayah atau daerah kalian belum terjangkau jaringan 4g Smartfren. Tidak seperti operator lainnya yang masih bisa menggunakan layanan 3g dan Edge, jika di daerah kalian tidak tercover jaringan 4g Smartfren maka sinyal akan otomatis hilang atau akan muncul tanda x.

Berbeda dengan jaringan 4g milik operator lainnya. Jika di wilayah tersebut tidak tercover 4g maka akan turun menjadi 3g. Seterusnya jika tidak terjangkau 3g maka akan turun menjadi Edge tidak seperti pada Smartfren yang hanya memiliki jaringan 4g saja.

2. Kartu Smartfren Belum Support 4g


Singkatnya jika belum 4g maka kartu Smartfren tersebut bisa dibilang masih CDMA dan tidak akan bisa digunakan pada ponsel GSM. Jadi jangan beli kartu Smartfren yang belum 4g atau menggunakan kartu Smartfren lama yang masih menggunakan jaringan EVDO.

3. Pastikan Ponsel Support Jaringan 4g Smartfren


Seperti yang kita ketahui bahwa Smartfren beroperasi di frekuensi FDD 850 MHz dan TDD 2300 Mhz. Frekuensi tersebut pada saat awal pihak Smartfren memutuskan untuk menjadi bagian GSM masih sedikit ponsel-ponsel pintar yang menggunakan frekuensi tersebut.

Karena selain operator Smartfren, operator seluler di Indonesia menggunakan frekuensi 900 dan 1800 MHz. Maka dari itu jika kalian memiliki HP 4g keluaran tahun 2015 dan tidak bisa menggunakan kartu Smartfren 4g namun jika menggunakan Telkomsel mendapatkan sinyal 4g sudah dipastikan bahwa HP kalian belum support frekuensi FDD 850 MHz dan TDD 2300 Mhz.

4. Pastikan SIM2 Juga Mendukung Frekuensi FDD 850 MHz dan TDD 2300 Mhz


Nah untuk yang terakhir khusus SIM2. Jadi jika kalian ingin menggunakan kartu Smartfren di SIM2, wajib hukumnya pada SIM2 di ponsel kalian mendukung frekuensi FDD 850 MHz dan TDD 2300 Mhz sama seperti pada SIM1.

Jika SIM2 tidak mendukung, maka hanya bisa digunakan pada SIM1 saja dan SIM2 bisa menggunakan kartu perdana selain Smartfren. Untuk yang satu ini saya kurang tau apakah semua vendor kini sudah memberi dukungan jaringan 4g Smartfren di SIM2.

Namun untuk jaringan 4g biasa selain Smartfren saya rasa sudah support di SIM2, tidak seperti beberapa tahun yang lalu yang hanya di lock di Edge saja.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi jika kartu Smartfren tidak terdeteksi atau tidak terbaca. Memang Smartfren ini sedikit spesial, karena hanya memiliki jaringan 4g saja. Selain itu 4g milik Smartfren menurut saya lebih kuat dan lebih luas jaringan coverage nya. 

Sayangnya jika sekali tidak mendapatkan jaringan 4g maka kartu Smartfren tidak bisa digunakan karena akan langsung berubah menjadi silang. Kalian juga perlu tau cara mengaktifkan fitur VoLTE supaya jaringan Smartfren kalian lebih kencang serta kuat dan tidak lemot.


EmoticonEmoticon