Jumat, 28 Juni 2019

Mengenal HP Ex-Display, Ex-Service, Garansi Distributor dan Refurbish

Mengenal HP Ex-Display, Ex-Service, Garansi Distributor dan Refurbish

KEPOINDONESIA.id - Membeli barang elektronik dengan harga murah merupakan hal yang susah-susah gampang, salah satunya HP. Baik tipe HP biasa ataupun Smartphone seperti Android dan iOS. Biasanya untuk mendapatkan sebuah smartphone yang murah dengan spek yang tinggi banyak orang yang membelinya secara bekas, garansi distributor ataupun Refurbish. Selain dengan 3 cara tersebut kalian bisa mendapatkan sebuah HP yang murah dengan membeli HP Ex-Display dan Ex-Service.

Pasti beberapa dari kalian bahkan banyak yang belum tau, apa itu ex display dan apa itu ex service? Karena kebanyakan adanya HP bekas/second, garansi distributor, refurbish ataupun HP Batam. Sebelum kita bahas apa itu HP ex display dan apa itu hp ex service, kalian wajib tau dulu HP dengan garansi distributor dan HP refurbish.

Hal tersebut perlu, karena banyak orang yang belum tau bahkan salah mengartikan keduanya. Setelah kalian tau keduanya, nanti baru akan saya bahas soal ex display dan ex service serta kelemahan dan kekurangannya. Namun sebelum itu kalian bisa baca kenapa layar hp tidak mati saat menelpon.

Garansi Distributor


Garansi Distributor atau garansi tidak resmi adalah garansi yang di berikan oleh masih-masing distributor tanpa ada pertanggung jawaban oleh vendor/brand yang bersangkutan. Sebagai contoh, sebuah ponsel pintar garansi TAM jika rusak bisa melakukan servis atau klaim ke service center resmi dari merk ponsel yang berkaitan, walaupun garansinya TAM bukan garansi resmi, karena TAM merupakan distributor resmi dari vendor tersebut.

Sedangkan garansi Distributor tidak akan bisa melakukan service ke service center resmi ataupun klaim garansi karena distributor garansi distributor bukan distributor resmi dari sebuah vendor Smartphone. Jadi jika mau klaim ke pihak distributornya ataupun jika service bisa ke tukang servis biasa.

Apakah garansi distributor barangnya asli, ori, dan bukan palsu? Ya, untuk produknya sendiri sama seperti garansi resmi, asli, ori bukan palsu, kw, replika, ataupun rekondisi, namun garansinya saja yang berbeda jika ada kerusakan komponen atau yang lainnya. Dan untuk software updatenya sendiri biasanya garansi distributor berbeda dengan garansi resmi.

Refurbish/Refurbished/Rekondisi


Refurbish sendiri dapat diartikan adalah sebuah produk cacat produksi yang dijual kembali karena sudah diperbaiki dan sudah layak untuk dijual layaknya seperti produk yang lainnya. Setiap produk refurbish memiliki kerusakan atau cacat produksi yang berbeda-beda, jadi kualitas barang yang satu dan yang lain berbeda. Selain harganya yang murah, keunggulan HP refurbish ialah karena yang memperbaiki pihak produsennya sendiri, jadi kualitasnya tetap terjamin.

Seperti yang kita tau, produk rekondisi memiliki beberapa kelas atau kelompok. Mulai dari grade A, grade B, sampai grade C. Yang membedakan antara grade A-C sendiri biasanya adalah kelengkapan paket penjualannya, namun beberapa ada yang menilai dari kondisi fisik dari produk atau smartphone nya.

Setelah kalian tau tentang garansi distributor dan produk rekondisi, kini kalian wajib tau apa itu ex-display dan ex-service. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara melihat Screen ON Time di Smartphone atau Tablet dan pengertian SoC (System on Chip) pada sebuah smartphone.

Ex Display


Ex Display adalah sebuah barang atau produk seperti smartphone ataupun laptop bekas pameran ataupun pajangan. Jika kalian pernah datang ke sebuah acara launching atau peluncuran sebuah produk seperti smartphone kalian pasti pernah liat HP-HP yang akan diluncurkan dipajang di beberapa sisi sebuah ruangan.

Nah itu dia yang dinamakan ex-display, atau lebih gampangnya bekas pameran. Jadi barang tersebut ori namun bekas pameran yang notabenenya pernah dicoba oleh banyak orang. Lalu apa kekurangan dan kelemahan HP bekas ex display?

Kekurangan HP Display

  • HP ex display rata-rata layar sudah terkena shadow atau burn in, karena selama pameran layar selalu nyala
  • Kesehatan baterai sudah menurun drastis, karena selama di pameran selalu dicas
  • Sudah pernah di pegang oleh banyak orang
  • Lecet
  • Sudah open box

Jika kalian membeli HP atau smartphone ex display saya sarankan saat pengecekan lebih teliti dari pada beli HP bekas biasa. Dan jika ingin beli hp ex display atau tempat jual barang ex display seperti HP kalian bisa ke erafone, biasanya disana sering menjual hp-hp bekas bekas pameran.

Ex Service


Sedangkan Ex Service ini bisa diartikan sama dengan Refurbish, yaitu barang rusak atau cacat yang diperbaiki lagi lalu dijual. Namun biasanya untuk ex service merupakan barang yang sudah dibeli oleh konsumen lalu konsumen meminta klaim ganti unit ke service center karena ada kerusakan tertentu. Nah barang dari konsumen tadi itu lalu diperbaiki selanjutnya dijual kembali.

Nah itu dia seputar HP ex display, ex service, garansi distributor dan refurbish atau rekondisi. Semua barang diatas itu ori, namun untuk kenormalan unitnya tidak 100% seperti hp pada umumnya. Yang pasti harganya lebih murah meriah.


EmoticonEmoticon