Ini Dia Arti Pembeli Yang CLBK Dalam Jual Beli

Ini Dia Arti Pembeli Yang CLBK Dalam Jual Beli

KEPOINDONESIA.id - Sebagai penjual, melayani calon pembeli merupakan hal wajib bagi semua pedagang supaya dagangan mereka laku terjual. Karena ada pepatah yang mengatakan, bahwa pembeli adalah raja. Namun saat ini saya rasa pembeli sangat semena-mena sekali.

Salah satu istilah yang sering di ungkapkan oleh pedagang ke pembeli yang tidak jadi membeli yaitu istilah CLBK. Baik berjualan secara offline atau online, pasti akan ada pembeli yang memiliki sifat CLBK.

Namun kalian tau tidak yang dimaksud CLBK itu apa? Apa jangan-jangan kalian juga termasuk calon pembeli yang memiliki sifat CLBK? Dari pada penasaran dengan arti dan pengertian CLBK dalam jual beli, maka akan langsung saya bahas saja.

Namun sebelum saya jelaskan, kalian bisa baca beberapa istilah lainnya yang berkaitan dengan jual beli. Seperti apa itu BT dan TT serta arti Fast Respon dan Slow Respon serta apa yang dimaksud dengan harga Nego.

CLBK (Chat Lama Beli Kagak)


CLBK yang pertama ialah Chat Lama Beli Kagak. Ini sering sekali kita temui jika kita melakukan jual beli secara online. Karena kita melakukan proses jual beli secara online, maka proses penawaran dan tanya-tanya soal barang akan melalui pesan atau chatting.

Nah terkadang ada pembeli yang chat nya banyak sekali, tanya ini tanya itu tanya begini tanya begitu namun ujung-ujungnya tidak jadi beli. Nah itu dia yang di namakan pembeli CLBK, yaitu Chatnya lama tapi tidak jadi beli.

CLBK (Cuma Liat Beli Kagak)


Arti CLBK yang lainnya dalam jual beli yaitu Cuma Liat Beli Kagak. Untuk yang satu ini sering terjadi dalam proses jual beli secara offline. Jika online chat lama beli kagak, sedangkan offline cuma lihat beli kagak. Intinya pembeli tidak jadi beli.

Cuma lihat beli kagak ini sering kali di temui di toko pakaian dan sepatu. Jadi banyak pembeli yang cuma lihat dan mencobanya saja, namun nyatanya tidak jadi beli atau memang tidak berniat untuk membelinya dari awal, jadi cuma iseng ingin lihat dan mencoba saja.

Nah itu dia arti CLBK dalam jual beli, baik online dan offline memiliki pengertian yang berbeda, namun artinya sama yaitu calon pembeli tidak jadi beli. Jadi saran saya, jika kalian sebagai pembeli sudah merasa barangnya tidak cocok, tidak usah tanya lama-lama atau liat lama-lama jika di akhir tidak akan membeli barang atau produk tersebut.


EmoticonEmoticon