3 Cara Menunda Download di IDM Supaya Tidak Mengulang Dari Awal

3 Cara Menunda Download di IDM Supaya Tidak Mengulang Dari Awal

KEPOINDONESIA.id - Internet Download Manager atau yang lebih sering disebut IDM ialah aplikasi yang wajib di install oleh pengguna Komputer atau PC yang menggunakan Windows sebagai sistem operasinya. Selain mempercepat proses unduh, IDM ini juga memiliki fitur tunda atau pause Download yang tidak dimiliki oleh browser-browser.

Seperti yang kita tau, sekarang ini sudah jamannya serba online, kita bisa mendapatkan apa saja secara online. Salah satunya film, aplikasi premium , dan lagu. Ukurannya pun tidak tergolong kecil, untuk aplikasi Komputer pun terbilang besar apalagi film.

Internet Download Manager ini memudahkan kita untuk melanjutkan proses download yang terhenti baik dihentikan secara sengaja atau tidak sengaja. Tidak sengaja disini seperti tiba-tiba kuota habis ataupun koneksi internet yang terputus.

Beberapa browser sebenarnya juga memiliki fitur lanjutkan atau resume, namun tidak secanggih IDM untuk di Komputer dan ADM (Android Download Manager) jika di smartphone Android. Hanya 1 browser menurut saja yang memiliki fitur setara dengan IDM dan ADM, ialah UC Browser.

Lalu jika kita menunda proses download di IDM atau ADM, apakah bisa kita resume kapan saja? Jawabannya tidak, karena setau saya maksimal sampai 24 jam, jika lebih kalian wajib mendownload ulang dari awal.

Jadi untuk melakukan pause pada proses download di IDM atau juga bisa di ADM, kita wajib mengetahui beberapa hal terlebih dahulu. Jika tidak pasti akan mengalami masalah seperti Link Expired, Error, Time Out ataupun beberapa masalah lainnya.

Untuk saya sendiri sering resume di Google Drive, karena kita bisa menunda proses download jika kita mendownload dari Google Drive. Namun seperti yang saya katakan tadi, paling lama yaitu 24 jam sebelum expired.

Jadi kali ini saya akan memberikan cara untuk pause di IDM secara benar. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara merubah lagu m4a menjadi mp3 dan kenapa nomor tidak mendukung balasan. Berikut hal-hal yang perlu diketahui.

Cara Menunda Proses Download Yang Benar


1. Pastikan Sumber File Mendukung Proses Resume


Yang wajib kalian ketahui pertama kali yaitu pastikan sumber link yang kalian gunakan untuk mendownload mendukung resume download. Salah satu yang mendukung proses pause dan resume ialah Google Drive.

Untuk yang lain saya kurang tau, karena beberapa bulan ini saya lebih sering menemukan file yang ada di Google Drive. Lalu kenapa jika tidak mendukung fitur resume? Jika tidak mendukung maka jika kita tekan pause, lalu lanjutkan maka tidak akan bisa alias akan memulai dari awal lagi walaupun baru saja kita pause.

2. Jangan Pernah Ganti Koneksi


Berikutnya yaitu jangan ganti jenis koneksi internet kalian saat sedang melakukan proses download. Salah satunya awalnya menggunakan data seluler lalu tiba-tiba menggunakan wifi, ini bisa menyebabkan IP tiba-tiba berubah dan proses download akan gagal dan tidak akan bisa di lanjutkan.

Jika IP tidak berubah tetap bisa dilanjutkan, kalau sudah berubah kita wajib memulainya dari awal. Namun untuk yang kali ini tidak pasti akan berubah, jadi bisa dibilang keberhasilan dan kegagalannya 50% 50%.

3. Lanjutkan Proses Download Sebelum 24 jam


Terakhir kalian wajib melanjutkan proses download tidak lebih dari 24 jam, karena jika lebih link akan expired. Sebagai contoh jika kalian menunda nya saat pagi hari, kalian masih bisa melanjutkannya saat sore hari ataupun malam hari.

Namun jika kalian menundanya pada jam 7 pagi dan melanjutkannya pada jam 8 pagi keesokan harinya maka hasil download sebelumnya tidak akan bisa dilanjutkan lagi.

Nah itu dia beberapa cara yang benar untuk menunda proses download di IDM ataupun ADM. Jika sudah tau kalian akan bisa memanfaatkan aplikasi IDM dan ADM secara maksimal. Untuk mengunduh file-file dengan ukuran yang sangat besar sekalipun.

Selain itu jika kalian tidak tau cara merubah ukuran file di File Explorer kalian bisa baca cara merubah ukuran folder di File Explorer. Karena terkadang kita perlu ukuran kecil dan ukuran besar untuk memudahkan pencarian file ataupun folder-folder tertentu.


EmoticonEmoticon