Paket Belum Dikirim? Ini Waktu Pengemasan Produk di Shopee

Paket Belum Dikirim? Ini Waktu Pengemasan Produk di Shopee

KEPOINDONESIA.id - Waktu barang yang kita beli di online shop di proses oleh penjual terkadang cepat dan tidak jarang juga sangat lama. Nah jika kalian sering belanja di Shopee tidak jarang waktu Dikemasnya sangat lama. Hal ini sering membuat pembeli menjadi risau.

Umumnya waktu pengemasan barang ialah 6 jam, ini pengalaman saya selama berbelanja di beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan beberapa marketplace lainnya. Namun terkadang status barang masih dikemas ini bisa lebih dari 6 jam.

Mungkin jika kalian pernah beberapa kali beli produk di seller Shopee yang waktu pengemasannya cepat, maka kalian akan sedikit jengkel jika status barang di Shopee dikemas terus. Hal tersebut memang sering terjadi.

Ada beberapa penyebab waktu pengemasan menjadi lama. Jika kalian bertanya berapa lama pengemasan di Shopee, akan saya jawab mulai dari 3 - 6 jam dan biasanya barang akan langsung dikirim. Namun tidak jarang pengemasan Shopee lama.

Penyebab pertama yaitu bisa dari penjualnya yang memang tidak fast respon. Jadi jika kita beli barang apapun baik sekarang atau entah kapan, jika penjualnya tidak fast respon tetap saja waktu pengemasannya akan lama.

Karena waktu pengemasan ini tergantung penjual, jika sudah dikirim maka ini tanggung jawab jasa ekspedisi. Sedangkan untuk penyebab berikutnya mungkin saja stok barang habis. Memang ada penjual yang jika stok barang habis maka jika ada pesanan masuk akan di diamkan saja.

Ini sangat sering terjadi di Shopee dan Lazada, apalagi jika harga barang tidak wajar. Terakhir yaitu karena pesanan yang masuk banyak, jadi penjual tidak bisa memproses barang dengan cepat seperti biasanya.

Seperti pada harbolnas atau saat ada diskon besar-besaran, maka sudah dipastikan penjual akan menerima pesanan yang lebih banyak berkali-kali lipat dari hari-hari biasanya. Dan jika sudah begitu, memang sering terjadi waktu pengemasan lebih dari 1 hari bahkan sampai 3 hari.

Lalu jika proses pengemasan di Shopee lebih dari 3 hari, apa yang akan terjadi. Setau saya jika barang tidak dikirimkan setelah 3 hari sejak pesanan di buat, maka sistem akan otomatis membatalkan pesanan tersebut.

Namun saya pernah mengalami barang tidak di kirim setelah 5 hari pesanan dibuat, dan pesanan tersebut belum di batalkan secara otomatis. Malah sellernya yang meminta untuk saya yang membatalkan pesanan tersebut dengan alasan stok barang habis.

Jadi intinya, waktu pengemasan rata-rata tidak sampai 6 jam barang sudah dikirim, namun tergantung penjualnya juga. Dan jika kalian seorang penjual di Shopee, kalian bisa baca cara menutup toko Shopee sementara dan cara menambah variasi produk Shopee.


EmoticonEmoticon