Rabu, 14 November 2018

Tips dan Trik Sukses Check Out Saat Mengikuti Harbolnas

Harbolnas

KEPOINDONESIA.id - Belanja online sekarang ini sudah sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia, tidak seperti beberapa tahun yang lalu. Mudahnya metode pembayaran sekarang ini adalah salah satu yang menyebabkan belanja secara online sangat digemari bagi pemburu barang-barang dengan harga yang murah meriah(Murmer). Karena jika belanja secara online, harganya akan lebih murah sekitar 20-30% dari harga di toko-toko terdekat.

Sudah banyak juga Marketplace di Indonesia yang memberikan harga yang murah, kualitas yang bagus, metode pembayaran yang banyak dan beberapa ada yang membebaskan pembeli dari biaya kirim barang atau sering disebut ongkir. Beberapa Marketplace di Indonesia yang sudah terpercaya yaitu salah satunya Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli dan JD.id.

Ke 6 Marketplace tersebut bisa dibilang Marketplace terbesar di Indonesia yang sering mengadakan promo besar-besaran. Untuk metode pembayaran sendiri sekarang tidak hanya lewat transfer antar bank dan debit atau kartu kredit saja, namun juga bisa lewat Alfamart, Indomaret dan Pos Indonesia yang memudahkan bagi orang yang belum memiliki rekening bank. Dan juga gratis ongkir yang membuat belanja secara online itu sangat menyenangkan.

Ternyata belanja online juga ada Hari Nasionalnya lohh, namanya yaitu Harbolnas. Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional adalah hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan dalam berbelanja secara online. Harbolnas sendiri dicetuskan pertama kali pada tahun 2012 oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia yang umumnya mereka telah bergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) yaitu Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka and Bukalapak.

Harbolnas sendiri dimulai selama 3 bulan, yaitu dari bulan Oktober, November, dan Desember. Tiap bulannya terdapat tanggal promo-promo terbesar dari tiap-tiap Martketplace, yaitu tanggal 10.10 atau tanggal 10 Oktober, 11.11 yaitu tanggal 11 November dan 12.12 yaitu tanggal 12 Desember. Untuk puncak Harbolnasnya sendiri pada 12.12, yaitu 12 Desember.

Pada saat Harbolnas sendiri, banyak orang yang berbondong-bondong ingin membeli suatu barang dengan harga yang murah namun dengan stok yang terbatas. Itu yang menyebabkan Harbolnas tidak semudah yang kita kira, bisa mendapatkan banyak barang dengan harga yang murah. Untuk mendapatkan 1 barang idaman saja susah, apalagi banyak.

Oleh sebab itu, KEPOINDONESIA akan memberikan Tips dan Trik belanja saat Harlbonas atau Tips dan Trik Sukses Check Out saat mengikuti Harbolnas.

1. Siapkan Akun Marketplace dan Setting Alamat
Untuk bisa mengikuti Harbolnas, kita harus memiliki akun tiap-tiap marketplace. Jika kita tidak punya, kita tidak akan bisa membeli barang yang kita inginkan. Dan jangan lupa selalu set alamat terlebih dahulu di pengaturan untuk memudahkan kita untuk melakukan pembayaran dengan cepat.

2. Siapkan Metode Pembayaran Yang Tepat

Memang metode pembayarannya sudab beragam, tidak hanya transfer antar bank maupun debit/kartu kredit. Namun yang perlu kalian tahu, carilah metode pembayaran yang cepat dan tidak ada biaya administrasinya. Jika kalian memiliki rekening bank BCA, pilihkan metode pembayaran BCA, jika kalian membunyai rekening BNI, pilihlah metode pembayaran BNI. Untuk metode pembayaran Alfamart, Indomaret dan Pos Indonesia juga bisa, tergantung selera kalian masing-masing.

3. Login Lewat Aplikasi atau Browser?
Sebenarnya mau ikut Harbolnas lewat Aplikasi atau Browser sama saja. Namun terkadang ada promo yang hanya keluar di aplikasi saja. Untuk kelebihan login lewat Browser Komputer yaitu kita bisa membuka situs-situs tiap marketplace dalam satu browser, dan itu sangat memudahkan.

4. Siapakan Dana Yang Cukup
Dengan dana yang cukup, kita bisa lelusa memilih barang-barang yang kita inginkan dan sekiranya barang itu lebih murah dari pada toko-toko terdekat. Jika dana kita minim, kita hanya bisa melongo melihat harga barang yang begitu murah meriah.

5. Sinyal Yang Kuat
Aplikasi maupun situs-situs marketplace semakin lama memang semakin berat di akses. Selain ada tambahan fitur, banyaknya barang yang dijual membuat akses ke aplikasi atau situs tersebut menjadi susah apalagi banyaknya orang yang sedang mengakses situs atau aplikasnya. Jadi saya sarankan kalian harus siap-siap dengan sinyal yang kuat.

Saat Harbolnas juga terkadang juga ada Flash Sale, Slash it, dan Share Buy yang harganya tidak kalah murah dari pada Harbolnas sendiri. Jadi janganlah terlalu fokus ke Harbolnas, biasanya tiap-tiap marketplace memiliki promo-promo tersembunyi yang mungkin kalian tidak ketahui. Untuk Harbolnas tahun 2018 ini diperkirakan akan lebih meriah dari pada tahun sebelumnya, yaitu tahun 2017. Diharapkan juga pada tahun kedepannya yaitu tahun 2019 ataupun 2020 semakin banyak marketplace yang bermunculan dan mengikuti peringatan Harbolnas tersebut. Seperti kabarnya, Amazon yang akan membuka Kantor di Indonesia, ini sebuah angin segar bagi pecinta barang luar negeri.


EmoticonEmoticon