4 Penyebab dan Cara Mengatasi Channel YouTube Sepi Tidak Ada Yang Menonton

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Channel YouTube Sepi Tidak Ada Yang Menonton

KEPOINDONESIA.id - Jika video yang kita unggah ke YouTube ada yang menonton, merupakan kebanggaan tersendiri khususnya jika channel kita sudah di monetization. Semakin banyak penonton di video yang kita upload, maka akan semakin banyak juga penghasilan yang akan kita dapatkan dari YouTube.

Namun supaya video di YouTube banyak yang menonton, ini bukan perkara yang mudah. Kita perlu berusaha semaksimal mungkin dengan ide-ide yang menarik dan kreatif. Jika video yang kita unggah ke YouTube tidak ada yang menonton, maka kita tidak akan mendapatkan uang walaupun channel kita sudah monetisasi.

Masalah seperti ini sering dialami oleh Youtuber pemula, karena Youtuber pemula tidak tau tips dan trik untuk mendapatkan penonton atau view di video yang mereka upload. Maka dari itu, kali ini saya akan membagikan sedikit tips sederhana supaya video kita terkenal di YouTube.

Jika sudah terkenal dan banyak yang menonton, maka penonton akan datang lebih banyak lagi. Namun sebelum kita lanjut, kalian bisa baca penyebab channel YouTube dan video YouTube tidak muncul di pencarian dan cara membalas komentar di video kita secara aman.

Tips Meningkatkan Penonton di Video YouTube


1. Buat Konten Yang Menarik


Syarat pertama yaitu kalian wajib membuat konten video yang menarik dan informatif. Di YouTube, ada 2 tipe penonton. Yang pertama orang yang mencari hiburan dan yang kedua orang-orang yang mencari informasi-informasi menarik seperti video tutorial atau video penjelasan hal-hal tertentu.

Jadi jika kalian tidak bisa membuat konten hiburan, cobalah untuk membuat konten yang informatif. Untuk konten yang informatif sebenarnya gampang, yang penting kalian paham dan tau apa yang akan kalian jelaskan di video nantinya.

2. Thumbnail Kurang Menarik


Untuk yang satu ini relatif ya. Jika channel YouTube kalian sudah populer, di setiap video di buatkan thumbnail yang biasa-biasa saja atau malah menggunakan thumbnail bawaan video maka tetap saja videonya akan di tonton oleh kalangan luas, karena sudah tau bahwa video di channel itu bagus-bagus.

Namun jika masih awal-awal merintis sebuah channel, sangat penting untuk membuat thumbnail yang menarik perhatikan dan jika bisa sesuai dengan isi video yang kalian tonton. Jika sama dengan isi video yang di tonton, maka tidak hanya banyak yang menonton video tersebut, bisa saja subscriber kalian juga akan bertambah.

3. Judul Biasa-Biasa Saja


Untuk penyebab yang satu ini juga relatif, sama seperti thumbnail. Jadi jika channel YouTube sudah terkenal, menggunakan judul yang sangat biasa pun akan banyak penontonnya. Namun jika channel kecil yang menggunakan judul biasa, saya jamin sampai 1 tahun tidak akan banyak views di video tersebut.

Jadi kalau bisa silakan kalian kombinasikan thumbnail dan judul yang menarik, saya jamin nantinya kalian akan mendapatkan penonton yang setia jika konten yang kalian buat menarik dan informatif juga.

Untuk segi kualitas video saya rasa tidak terlalu masalah, karena semua Youtuber pasti di awal-awal kualitas video yang mereka upload standar dan biasa-biasa saja. Yang penting kalian berusaha terlebih dahulu.

4. Gunakan SEO YouTube


SEO YouTube ini sama seperti SEO untuk Search Engine. Jadi ada 3 cara untuk menggunakan SEO YouTube. Yang pertama di Judul Video, kedua di Deskripsi Video, dan yang ketiga di Tag Video.

Cara penerapannya cukup mudah, silakan kalian masukan kata kunci dan hal-hal yang berkaitan di antara Judul, Deskripsi, ataupun Tag. Ini lebih efekif jika Judul dan thumbnail yang kalian gunakan juga menarik.

Nah itu di penyebab video YouTube di channel kita tidak ada yang menonton serta solusi atau cara mengatasinya supaya banyak yang menonton. Seperti pada Blog, jika di dunia Blogger ada istilah Content is the King, maka di YouTube juga Content is the King.

Cuma perbedaannya di blog berupa tulisan, sedangkan di YouTube berupa video. Selain itu jika aplikasi YT Studio tidak bisa dibuka, kalian bisa baca solusi jika aplikasi YT Studio tidak bisa dibuka. Hal ini sering terjadi di beberapa khasus.


EmoticonEmoticon