Posisi dan Letak Tanggal Ijazah atau Tanggal Kelulusan Untuk SD, SMP, dan SMA/SMK/Sederajat

Posisi dan Letak Tanggal Ijazah atau Tanggal Kelulusan Untuk SD, SMP, dan SMA/SMK/Sederajat

KEPOINDONESIA.id - Ijazah merupakan bukti bahwa kita sudah menyelesaikan tingkat pendidikan tertentu secara tuntas dan telah diakui oleh pihak sekolah. Bisa dibilang sekolah sebenarnya untuk mendapatkan ijazah saja, bukanlah ilmu. Karena ilmu bisa kita dapatkan dimana saja, dan kapan saja walaupun kita sudah tidak atau sudah lulus sekolah.

Namun dalam dunia kerja, ijazah ini sangat penting dari pada sekedar ilmu yang kita ketahui tanpa tercantum dalam ijazah tersebut. Namun bagi orang yang enggan bekerja dengan orang lain dan lebih suka bekerja sendiri, ijazah ini tidak lah penting.

Walaupun begitu, sangat disayangkan memang jika ijazah kita selama menempuh pendidikan minimal 12 tahun jika tidak dipakai, cuma dibuat pajangan saja. Namun jika kalian ingin menggunakan ijazah untuk melamar pekerjaan atau mendaftar CPNS, kalian wajib tau beberapa hal yang terdapat dalam ijazah itu sendiri.

Sebelumnya saya pernah menulis tentang letak nomor ijazah baik SD, SMP, ataupun SMA. Nah untuk ini yang akan saya bahas hampir sama yaitu tentang tanggal kelulusan atau tanggal ijazah. Ini sangat penting khususnya untuk ijazah terakhir.

Karena biasanya ijazah terakhir akan ditanyakan kapan tahun ijazah di terbitkan atau tahun kelulusannya. Jadi kali ini saya akan membahas tentang posisi dan letak tanggal ijazah atau letak tahun kelulusan di ijazah.

Namun sebelum itu kalian bisa baca fungsi dan letak nomor SKCK serta hal yang perlu dilakukan jika kartu NISN hilang dan kita tidka tahu nomor nya. Berikut contoh tanggal ijazah atau tahun kelulusan untuk Ijazah SD, SMP, dan SMK.

Letak Tahun Kelulusan atau Tanggal Ijazah


Jadi letak Tanggal Ijazah yaitu berada tepat diatas tanda tangan. Tanggal ini merupakan tanggal lulusnya siswa dari sekolah. Dan biasanya tanggal ijazah ditulis dengan tulisan tangan.

Jadi jika ada dokumen yang harus menyertakan tanggal terbit ijazah, tanggal kelulusan, atau tanggal ijazah kalian bisa melihat pada bagian ijazah tepat diatas tanda tangan Kepala Sekolah jika SD, SMP, dan SMA/SMK.

Berikut Letak Tahun Kelulusan Ijazah SD


Berikut Letak Tahun Kelulusan Ijazah SD

Berikut Letak Tahun Kelulusan Ijazah SMP


Berikut Letak Tahun Kelulusan Ijazah SMP

Berikut Letak Tahun Kelulusan Ijazah SMK


Berikut Letak Tahun Kelulusan Ijazah SMK

Untuk pengisiannya tergantung kolom dokumen yang diminta. Jika diminta tahun terbit atau tahun kelulusan saja kalian isikan tahunnya saja tanpa tanggal dan bulan. Namun jika tertulis tanggal kelulusan kalian bisa tulis secara lengkap tanggal, bulan, dan tahunnya.

Nah itu dia letak tanggal terbitnya ijazah atau tanggal kelulusan di ijazah. Jadi jangan sampai salah ya. Memang letak tanggal ijazah ini lebih mudah dari pada nomor ijazah, namun setelah membaca 2 hal tersebut di blog ini saya rasa wawasan kalian jadi bertambah. 

Selain itu kalian juga perlu tau contoh kartu NISN, jika kalian lupa bentu kartu NISN itu seperti apa. Serta naskah Pembukaan UUD 1945, mungkin saja kalian perlu referensi atau semacamnya. 


EmoticonEmoticon