Senin, 05 Agustus 2019

Naskah Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) Berserta Gambar

Naskah Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) Berserta Gambar

KEPOINDONESIA.id - Bagi yang masih sekolah dan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan non-PNS, upacara bendera setiap hari senin merupakan hal yang wajib diikuti. Selain itu, setiap orang yang mengikuti upacara bisa saja kemungkinan akan menjadi petugas Upacara Bendera di kemudian hari. Nah untuk itu kalian wajib tau salah satu naskah yang dibacakan saat upacara bendera, yaitu Pembukaan UUD 1945.

Selain itu, jika tingkat sekolah selain Pembukaan UUD 1945 ada 2 naskah lagi yaitu Do'a dan Janji Siswa. Sedangkan untuk tingkat Pegawai saya kurang tau, namun saya rasa naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pasti ada.

Untuk teks UUD 1945 untuk Upacara Bendera di Sekolah, naskahnya sudah disediakan oleh sekolah dan pada sekolah saya yang dulu naskahnya diletakan di sampul buku yang tebal seperti pada rapor sekolah sehingga saat dibaca posisi nya nyaman alias tidak mleyot. Nah untuk itu kali ini saya akan membagikan naskah Pembukaan UUD 1945 alinea 1-4 beserta gambar yang bisa kalian unduh supaya kalian bisa membacanya kapan saja.

Namun sebelum itu bagi kalian yang masih bersekolah baik SD, SMP atau SMA/SMK kalian wajib membaca hal yang perlu dilakukan jika kartu NISN hilang dan lupa nomor NISN nya. Selain itu kalian juga wajib tau dimana letak nomor Ijazah jika kalian ingin menggunakan nomor ijazah untuk melamar pekerjaan.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Pembukaan

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan,serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945)

Selain itu kalian juga harus tau makna Pembukaan UUD 1945 alineanya. Untuk itu berikut makna tiap alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945:

Makna Pembukaan UUD 1945 alinea 1:


1. Adanya pengakuan bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi hak kodrat dari setiap bangsa untuk merdeka.

2. Adanya pernyataan bahwa bangsa Indonesia tidak menyetujui adanya penjajahan di atas dunia karena hal ini tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

3. Adanya suatu keinginan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan.

4. Adanya pernyataan bahwa bangsa Indonesia siap membantu bangsa bangsa lain untuk merdeka.

Makna Pembukaan UUD 1945 alinea 2:


1. Bahwa perjuangan bangsa Indonesia telah sampai pada saat yang tepat,yaitu kemerdekaan.

2. Bahwa bangsa Indonesia menghargai dan menghormati para pahlawan bangsa yang telah mengantarkannya ke depan pintu gerbang kemerdekaan.

3. Bahwa kemerdekaan bukan merupakan akhir perjuangan bangsa Indonesia, melainkan hanya suatu jembatan untuk menuju terwujudnya cita-cita bangsa, yaitu suatu keadaan masyarakat yang adil dan makmur.

Makna Pembukaan UUD 1945 alinea 3:


1. Adanya pengakuan religius bahwa kemerdekaan yang diperoleh merupakan berkat dan rahmat Allah yang Maha Kuasa.

2. Bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia dimotivasi oleh keinginan yang luhur untuk menjadi suatu bangsa yang bebas dari penjajahan.

3. Adanya pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Makna Pembukaan UUD 1945 alinea 4:


1. Adanya keinginan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

2. Adanya keinginan untuk memajukan kesejahteraan umum.

3. Adanya keinginan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

4. Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi.

5. Dasar negara, yaitu Pancasila.

Nah itu dia makna tiap alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang bisa kalian pelajari. Makna tersebut mungkin akan sedikit berbeda dengan yang dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah. Karena selain Matematika tidak ada yang pasti.


EmoticonEmoticon