Jumat, 02 Agustus 2019

Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Kartu NISN Hilang atau Lupa Nomornya

Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Kartu NISN Hilang atau Lupa Nomornya

KEPOINDONESIA.id - Masa-masa sekolah merupakan masa-masa yang sangatlah menyenangkan. Setiap pagi berangkat sekolah, mendapat uang jajan, bertemu teman-teman, dan terkadang hal yang sederhana seperti pulang lebih awal dan libur merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu. Namun selain itu, kalian juga perlu merawat dan menyimpanan kartu NISN yang kita terima sewaktu kita masuk pertama kali ke bangku pendidikan.

Nomor NISN ini sangatlah penting, karena jika kita ingin ujian kita perlu tau berapa nomor NISN milik kita. Nomor Induk Siswa Nasional atau yang sering disebut NISN yang kita butuhkan hanyalah nomornya saja, namun alangkah baiknya kita harusnya tetap menyimpan kartunya.

Namun terkadang banyak siswa yang sudah lupa nomor NISN nya dan kartunya sudah hilang. Banyak sekali kasus seperti itu, karena banyak yang tidak tau bahwa kartu tersebut sangatlah penting. Walaupun kartunya hilang, jika kalian ingat atau masih memiliki catatan nomor NISN nya itu tidak menjadi masalah, karena sebenarnya yang penting ialah nomornya.

Saya jamin, jika kalian sekarang di Kelas 6, Kelas 9, Kelas 12 pasti 6 bulan atau 3 bulan sebelum ujian Nasional kalian akan dimintai kartu NISN atau hanya nomornya saja. Baik SD, SMP, SMK/SMA jika ingin mengikuti Ujian Nasional kalau sekarang UNBK wajib dan harus mengumpulkan nomor NISN.

Karena kata Bapak/Ibu Guru jika kita tidak mengumpulkan nomor NISN maka kita tidak bisa ikut Ujian, termasuk Ujian Produktif jika kalian SMK. Saya sendiri tidak tau apakah benar tidak bisa mengikuti Ujian atau bagaimana. Lalu bagaimana hal yang perlu kita lakukan jika kartu NISN hilang dan kita lupa nomor NISNnya.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, mulai dari yang termudah sampai yang sulit. Namun sebelum lanjut, kalian bisa baca cara menyimpan pulpen di kelas supaya tidak hilang dan cara yang benar saat ngeprint di warnet.

Solusi Jika Kartu NISN HIlang dan Lupa Nomornya


1. Cek Di Rapot, Rapor, atau Raport


Cara yang paling gampang yaitu dengan melihatnya di rapot atau rapor di sekolah sebelumnya. Biasanya nomor NISN tertulis paling depan sendiri pada biodata siswa. Namun untuk nomor NISN yang tertulis di rapor, ini tidak semuanya ada NISNnya.

Karena biasanya hanya ada NIS atau Nomor Induk Siswa saat di sekolah tersebut, namun untuk beberapa sekolah ada juga yang menuliskan NISN pada bagian biodata siswa. Atau kemungkinan besar terdapat NISN yaitu pada rapor SD, karena jika SMP dan SMA/SMK memang jarang yang menyertakan NISN dalam rapor.

2. Cek Lewat Situs KEMDIKBUD


Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan ialah mengeceknya lewat situs nisn.data.kemdikbud.go.id. Sebenarnya untuk cara ini sudah saya buatkan 2 artikel, yaitu cek NISN melalui Nama dan cek NISN berdasarkan Sekolah. Jadi kalian langsung saja cek di 2 postingan yang sudah saya buat.

3. Datang Ke Sekolah Asal


Jika kalian sudah melihat di rapor tapi tidak ada, dan sudah melihat di situs tapi NISN tidak ditemukan jalan satu-satunya ialah bertanya ke sekolah asal atau sekolah sebelumnya. Kalian bebas mau bertanya ke SMP atau SD yang penting kalian pernah bersekolah dan lulus di sekolah tersebut.

Cara ini yang paling sering disarankan oleh para Guru, karena jika kita datang ke sekolah asal pasti ada data NISN kita karena dulunya kita juga pernah diminta nomor NISN sewaktu bersekolah disana.

Nah itu dia solusi dan hal yang perlu dilakukan jika lupa nomor NISN dan kartunya juga sudah hilang. Untuk saya sendiri kartu NISN yang masih ada dan jarang saya lihat karena saya simpan dengan baik baik, karena saya fikir itu merupakan kenang-kenagan yang cukup berarti.


EmoticonEmoticon