Minggu, 11 Agustus 2019

Ciri-Ciri Ban Motor Kurang Angin Yang Perlu Diketahui

Ciri-Ciri Ban Motor Kurang Angin Yang Perlu Diketahui

KEPOINDONESIA.id - Sepeda Motor merupakan salah satu alat transportasi yang sangat populer digunakan oleh orang-orang, salah satunya di Indonesia. Daripada menggunakan kendaraan umum seperti Bus atau Angkot, masyarakat lebih suka menggunakan sepeda motor yang jelas lebih murah. Namun sebelum berpergian alangkah baiknya kalian mengecek tekanan angin pada ban sebelum memulai perjalanan dengan sepeda motor.

Hal ini perlu dilakukan supaya sepeda motor mudah dikontrol saat kita gunakan dalam perjalanan, khususnya saat kecepatan tinggi. Selain itu trek/ jalanan yang kita lewati seperti apa juga bisa menentukan tekanan angin pada ban motor yang akan kita gunakan untuk melalui trek tersebut.

Untuk cara mengetahui ban motor kurang angin atau untuk mengetahui tekanan angin pada ban sepeda motor sebenarnya mudah. Jika dibengkel bisa menggunakan Tire Inflator. Namun jika cuma untuk mengetahui bahwa ban motor kita kurang angin bisa kita lakukan sendiri dengan mengetahui ciri-cici ban kurang angin seperti yang akan saya jelaskan.

Namun sebelum itu kalian bisa membaca tata cara service motor di bangkel resmi atau dealer resmi dan daftar plat nomor kendaraan se Indonesia. Dan untuk cara cek tekanan angin ban motor apakah kurang atau tidak bisa kalian lihat dibawah ini.

Cara Mengetahui Ban Sepeda Motor Kurang Angin atau Tidak


1. Ban Motor Terlihat Kempes


Ciri yang paling gampang kita ketahui ialah ban terlihat kempes baik jika kita tekan dengan tangan ataupun saat dinaiki dalam posisi berhenti. Ciri yang satu ini merupakan ciri yang paling mudah untuk mengetahui bahwa ban sepeda motor kita kurang angin atau tidak.

2. Stang Terasa Berat Saat Dibelokan


Ciri selanjutnya ialah stang motor terasa berat saat dibelokan, khususnya saat posisi motor berjalan. Mungkin untuk sebagian orang susah untuk membedakannya, namun untuk saya sendiri ciri ini sangat terasa jika ban motor kita kurang angin ataupun kempes dan bocor.

3. Motor Terasa Berat


Ciri terakhir yang juga bisa kita ketahui ialah motor akan terasa lebih berat. Hal ini sudah pasti karena ban yang kurang angin membuat laju kendaraan juga tidak selancar jika ban cukup angin. Untuk merasakannya dengan jelas kalian bisa jalan di jalan yang jelek, jika ban kurang angin akan terasa berat namun jalan terasa lebih mulus walaupun di jalan yang berbatuan.

Namun jika ban cukup angin jalan di jalan yang berbatuan akan terasa sangat enteng dan dari segi kenyamanan lebih nyaman ban yang sedikit angin bukan yang kurang angin.

Nah itu dia beberapa ciri ban motor yang kurang angin. Kalian bisa jadikan 3 hal tersebut sebagai patokan saat ingin melakukan perjalanan jauh. Tekanan pada ban sangat penting supaya felling berkendara kita menjadi lebih bagus dan baik.


EmoticonEmoticon